Sukses

Parenting

Ketahui Cara KB Mencegah Kehamilan

Bunda, sudah pasti tidak asing di telinga Anda pada pencegahan kehamilan dengan cara KB, dong. Di Indonesia saat ini sudah semakin banyak orang yang memilih untuk ber-KB untuk mencegah kehamilan mereka. Nah, di sini Anda akan diajak untuk mengetahui cara kerja KB yang cukup efektif untuk mencegah kehamilan.

Cara KB tidaklah melulu pada kondom ya, Bun, ada banyak pulan cara kontrasepsi lain yang cukup efektif. Seperti langsiran dari laman nhs.uk, berikut adalah beberapa cara KB yang cukup efektif meski tidak sempurna seratus persen efektif.

Kita mulai dari awal ya, Bun, dari yang paling Anda kenal, yakni kondom. Ada dua jenis kondom, kondom untuk pria dan wanita. Namun, cara kerja kondom tersebut sama, yakni menghalangi sperma masuk ke miss V. Kondom cukup efektif digunakan, yakni 98% efektif mencegah kehamilan jika digunakan dengan tepat.

Selain kondom, cara KB lain yang biasanya dipilih adalah pil pengontrol kehamilan. Pil ini mampu mencegah kehamilan dengan beberapa cara, namun secara garis besar kehamilan dicegah dengan menghentikan ovulasi.

Seperti saliran laman goaskalice.columbia.edu, Logikanya adalah ketika tidak ada telur yang dilepaskan, maka tidak ada pula yang bisa dibuahi oleh sperma, nah dengan itu tidak bisa pula si wanita hamil. Dalam pil KB tersebut mengandung dua jenis hormon tiruan, yakni estrogen dan progestin.

Nah, hormon-hormon tersebut yang akan menstabilkan tingkatan hormon alami agar tidak bisa melepaskan telurnya.


Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading