Sukses

Parenting

Tutorial Cara KB – Cara Pakai Spons Pencegah Kehamilan (1)

Kondom adalah cara KB yang sudah umum diketahui orang, bahkan setelah adanya pembagian kondom oleh pemerintah Indonesia, sosialisasi tentang kinerja kondom dalam mencegah kehamilan sudah tersebar luas, termasuk cara pakainya. Namun, untuk cara KB jenis spons, belum semuanya tahu.

Nah Ladies, berikut akan Anda ketahui cara memakai spons dengan benar sehingga bisa mencegah kehamilan dengan efektif. Berdasar langsiran laman plannedparenthood.com, ada 5 tahapan dalam memakai spons pencegah kehamilan.

Tahap pertama, setelah Anda mendapatkan spons tersebut dan sebelum Anda menyentuhnya, Anda harus pastikan tangan Anda steril. Caranya tentu saja dengan mencuci tangan dengan sabun anti bakteri. Kesterilan tangan Anda akan mengurangi resiko muncul dan berkembangnya bakteri berbahaya di dalam area kewanitaan.

Setelah siap, Anda memasuki tahapan kedua, yakni membasahi permukaan spons dengan dua sendok makan air bersih. Nah, gunanya membasahi permukaannya adalah untuk mengaktifkan spermisida yang telah tersebar di permukaan spons tersebut.

Tahapan ketiga adalah memeras spons yang sudah basah agar spermisida secara sempurna melapisi seluruh permukaan sehingga akan dengan efektif sperma yang terlepas membuahi telur. Anda juga bisa menambahkan 1-2 tetes lagi jika belum yakin air tersebut tersebar rata.

Tahapan selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam miss V. Caranya adalah dengan melipatnya hingga bentuk bulatnya mengerucut lonjong agar bisa dimasukkan dengan mudah. Jangan lupa untuk memosisikan penariknya di bawah. Setelah masuk, dorong dengan jari telunjuk Anda hingga ke dalam, dengan penariknya tetap di bagian luar.

Ingin mengetahui cara lanjutannya? Baca di artikel 2 yes Ladies.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading