Sukses

Parenting

Tutorial Cara KB – Cara Pakai Spons Pencegah Kehamilan (2)

Ladies, setelah membaca artikel 1 tentang pemakaian spons sebagai salah satu cara KB, tidak akan lengkap tanpa membaca juga informasi berikut ini. Berikut ini akan Anda ketahui mulai dari cara pengecekan ketepatan dalam memasang hingga melepaskannya kembali.

Berdasar langsiran laman plannedparenthood.com, setelah menyelesaikan tahapan keempat, tahapan kelimanya adalah pengecekan akhir. Pada tahapan keempat, spons dimasukkan dalam kondisi terlipat melonjong. Namun ketika ia sudah di dalam, lipatannya akan terlepas dan kembali ke bentuk semula.

Untuk itu, tugas pengguna adalah secara manual memasukkan jari telunjuk ke dalam dan menyempurnakan tepi-tepi spons agar secara sempurna menutupi serviks ketika Anda lepaskan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek apakah penariknya sudah tepat berada di luar dan bisa dengan mudah diraih.

Selain itu Ladies, spons ini bisa dan aman digunakan selama 24 jam penuh sehingga bisa digunakan jauh sebelum bercinta. Sebaiknya, spons ini tidak dibiarkan hingga 30 jam penuh sehingga disarankan untuk segera dilepaskan setelah bercinta.

Cara melepaskannya terdiri dari dua tahapan. Pertama adalah memastikan tangan Anda bersih dari bakteri karena tangan, khususnya jari Anda, akan masuk ke area kewanitaan yang sensitif.

Tahapan kedua adalah meraih penarik yang tadi sudah dipastikan berada di bagian paling luar. Ketika sudah dapat Anda sentuh, tarik secara perlahan agar tidak menyebabkan luka. Setelah itu, segera buang spons yang sudah dipakai dalam plastik di tempat sampah.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading