Sukses

Parenting

Tak Kunjung Hamil, Bisa Jadi Stress Penyebabnya

Bagi pasangan yang telah menikah, memiliki anak merupakan dambaan. Tak sedikit orang yang menanti bertahun-tahun demi hadirnya buah hati dalam keluarga kecil mereka. Namun, kehamilan belum juga terjadi. Stress? Tunggu dulu, Ladies. Pasalnya, ternyata penelitian membuktikan bahwa stress karena tak kunjung dikaruniai momongan justru berdampak pada kesuburan.

Dilansir oleh parenting.com, sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Courtney Lynch dari The Ohio State University Wexner Medical Center, menemukan bahwa berbagai macam stress sangat berpengaruh pada reproduksi, khususnya wanita. Bahkan hal ini dapat mengakibatkan stress yang kronis.

Penelitian ini dilakukan terhadap 401 pasangan selama 1 tahun. Dengan mengambil sample air liur, Dr. Courtney Lynch menemukan sekitar 29% wanita yang mengalami stress tanpa disadari, memiliki kesempatan yang kecil untuk hamil. Dr. Lynch juga mengatakan, "Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan momongan sekitar 6-12 bulan dan tidak berhasil, hal yang mungkin Anda lakukan adalah meninjau kembali gaya hidup yang Anda jalani."

Dokter kandungan ini pun menyarankan untuk secara rutin berolahraga, melakukan yoga, meditasi dan mengistirahatkan pikiran Anda. "Sebetulnya stress tidak mengacu pada kesuburan seseorang, hanya saja stress dapat mempengaruhi keseluruhan metabolisme tubuh yang berdampak pada kesuburan," terang Dr. Lynch.

Jika Anda sedang merencanakan program kehamilan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar menemukan cara yang paling tepat untuk memperbaiki pola kesehatan tubuh Anda. Semoga informasi ini berguna bagi Anda ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading