Sukses

Beauty

Cegah Efek Kesehatan Berbahaya Duduk Terlalu Lama dengan Panduan Ini

Karena tuntutan pekerjaan, kadang kita harus duduk berjam-jam di depan komputer. Saat di kantor dengan pekerjaan yang menumpuk dan sejumlah deadline yang harus diselesaikan secepatnya, mau tidak mau sebagian besar waktu akan habis dengan duduk seharian penuh di depan komputer. Seperti yang dilansir oleh fitsugar.com, kita bisa mendapatkan sejumlah efek negatif dari duduk terlalu lama seperti otot yang kaku hingga rasa sakit yang parah. Agar bisa terhindar dari efek negatif dan efek kesehatan yang berbahaya karena duduk berlama-lama, ikuti panduan berikut ini.

Cara Duduk yang Benar
Untuk mencegah terkena sakit punggung atau otot yang kaku karena duduk terlalu lama, kita harus pastikan bahwa posisi duduk kita sudah benar. Posisi duduk yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pinggul harus dalam posisi 90 derajat hingga 120 derajat.
  • Papan ketik (keyboard) harus sejajar dengan siku tangan.
  • Pergelangan tangan harus lurus ketika mengetik, jangan ditekuk.
  • Monitor komputer harus sejajar dengan mata.
  • Punggung harus lurus.

Lakukan Peregangan Sebelum Mengetik
Salah satu langkah prefentif agar tidak kena sakit punggung atau otot kaku karena duduk terlalu lama, usahakan untuk melakukan peregangan tubuh terlebih dahulu sebelum mengetik. Pastikan Anda melakukan peregangan pada otot-otot bahu dan punggung karena otot ini biasanya yang mudah terasa sakit ketika kita duduk berjam-jam.

Lakukan Spinal Twist Saat Duduk
Saat duduk, lakukan spinal twist atau kegiatan memuntir badan ke belakang. Meskipun duduk, Anda harus tetap pastikan bahwa otot-otot tubuh Anda masih tetap lentur. Setiap beberapa menit kembali, lakukan kegiatan memuntir badan ke belakang agar terasa lebih rileks dan otot tidak kaku.

Ganti Kursi dengan Bola Olahraga (Exercise Ball)
Tahukah Anda bahwa ketika kita berhenti bergerak, maka tingkat kolesterol tubuh kita akan meningkat atau kemampuan tubuh untuk membakar kalori turun sepertiganya. Agar tubuh bisa terus bergerak, Anda bisa ganti kursi Anda dengan bola olahraga. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa coba untuk bergerak atau berjalan selama beberapa menit sekali, misalnya untuk mengambil air minum atau pergi ke toilet.

Istirahatkan Mata
Terlalu lama menatap monitor komputer bisa membuat mata kering atau iritasi. Untuk menghindari masalah atau gangguan mata, pastikan untuk mengistirahatkan mata. Bisa dengan melakukan olahraga mata atau mengalihkan perhatian selama beberapa detik ke objek lain. Oh iya, jangan lupa untuk berkedip. Menatap monitor komputer terlalu lama bisa membuat Anda terkena sakit kepala.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading