Sukses

Beauty

5 Pertanyaan Yang Paling Sering Ditanyakan Pada Dokter Kandungan

Mendengar istilah dokter kandungan, yang terbayang dalam benak adalah perencanaan kehamilan. Namun dokter kandungan tidak hanya boleh dikunjungi ketika Anda ingin merencanakan atau memeriksakan kehamilan saja. Beberapa problem kesehatan wanita yang terkait dengan alat reproduksi wanita juga boleh dikonsultasikan.

Dilansir Womenshealthmag, pertanyaan yang paling sering ditanyakan wanita pada dokter kandungan adalah sebagai berikut.

Apakah menstruasi yang tidak lancar itu menunjukkan ada masalah kesehatan?

Bisa ya, bisa tidak. Terlalu sering terlambat haid dan tidak lancar adalah tanda bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda. Konsultasikan pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sehingga problem ini bisa dipecahkan.

Apakah berdarah saat berhubungan intim itu normal?

Keluarnya darah saat berhubungan intim itu beragam penyebabnya, karena selaput dara yang robek, karena ada polip di dalam saluran kencing, endometritis, atau bahkan pertanda kanker rahim. Jika setiap berhubungan intim Anda mengalami perdarahan terutama bila darahnya segar, pekat atau mirip seperti darah menstruasi, segera hubungi dokter.

Apakah minuman beralkohol bisa mempengaruhi reproduksi wanita?

Minuman beralkohol yang dikonsumsi terlalu banyak dan sering tentu saja berbahaya akibatnya bagi keseluruhan tubuh manusia. Sehubungan dengan kesehatan wanita, tingginya asupan alkohol dapat meningkatkan kanker payudara dan kanker rahim.

Di usia berapakah seorang wanita harus memeriksa payudaranya?

Memeriksa payudara untuk menemukan ada atau tidaknya benjolan di sana haruslah dilakukan segala usia, baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah. Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, adalah efektif melakukan pemeriksaan sendiri setiap bulan sekali.

Apakah resikonya melakukan oral seks?

Oral seks punya resiko besar menularkan kanker mulut dan penyakit seksual lainnya. Inilah sebabnya kondisi kesehatan rongga mulut juga sangat perlu diperhatikan.

Tidak harus menunggu menikah dan merencanakan kehamilan untuk bertemu dokter kandungan, bila Anda punya problem, setidaknya sedini mungkin berusahalah mencari solusi dengan mengonsultasikannya pada dokter Anda.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading