Sukses

Parenting

Menurunkan Panas Bayi Demam dengan Pijatan

Bayi demam dipijat? Ya, kenapa tidak? Memberikan pijatan lembut pada bayi kerapkali dianjurkan oleh para praktisi kesehatan untuk membuat bayi merasa nyaman. Pijatan lembut oleh Bunda juga bisa membantu menurunkan panas saat bayi demam.

Namun, pijatan pada bayi demam agak sedikit berbeda dengan pijatan saat bayi dalam kondisi normal. Perbedaannya terletak pada penggunaan air hangat sebagai pengganti minyak telon atau minyak lainnya yang umum digunakan saat memijat bayi.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya ya Bun, seperti disalirkan dari laman tripibabytips:

- baringkan bayi pada alas anti air yang telah dilapisi handuk terlebih dahulu

- pastikan ruangan tempat pemijatan terjaga kehangatannya.

- lalu, siapkan baskom berisi air hangat (Bunda bisa mencelupkan kantong teh camomile jika berkenan)

- kemudian, celupkan tangan Bunda pada air hangat dan letakkan pada dada bayi yang sedang demam

- basuh bagian belakang tubuh bayi sampai pada bagian kedua kaki si kecil

- pijat dengan lembut kaki si kecil dari ibu jari hingga paha secara bergantian. Ulangi gerakan memijat 3 sampai 4 kali.
- lakukan gerakan yang sama persis pada lengan si kecil dengan lembut. (jangan lupa celupkan tangan Bunda pada air lagi jika hal itu diperlukan)

- setelah selesai dengan kaki dan tangan, lanjutkan pada bagian dada turun ke bawah perut si kecil. Ulangi sampai Bunda merasa cukup.

Gerakan-gerakan memijat ini akan membantu merilekskan tubuh bayi yang demam. Dengan begitu, suhu tubuh si kecil akan berangsur-angsur turun dan buah hati menjadi nyaman.

Namun tentu saja, kondisi setiap bayi itu berbeda-beda. Kadangkala ada bayi demam yang tidak menunjukkan reaksi setelah pemijatan. Semua metode ini adalah alternatif pilihan yang ada. Insting keibuan dari Bunda lah yang sangat berperan untuk pemilihan metode yang sesuai.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading