Sukses

Parenting

Anak Kecil Juga Rentan Mengalami Masalah Gigi

Makan sembarangan membuat anak sangat rentan terhadap kerusakan gigi. Misalnya saja terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan bahkan susu yang sering ditambah gula juga tidak baik terhadap kesehatan gigi anak. Parahnya, anak-anak justru menyukai hal yang seperti itu tanpa mempedulikan efek jangka panjang yang dibawanya.

Berdasarkan penjelasan drg. Ruby Kusnadi dari MeetDoctor.com, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi si kecil akan melekat dan menempel pada gigi jika tidak langsung dibersihkan setelah mengonsumsi. Nah, sisa makanan atau minuman yang tersisa dan menempel pada gigi si kecil tersebut sangat disukai oleh bakteri. Bakteri-bakteri yang menempel pada gigi tersebut mencerna sisa makanan yang menempel pada gigi dan menghasilkan asam yang menyerang gigi dan menyebabkan karies.

Sementara itu, karies pada anak sering terjadi untuk gigi bagian belakang. Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa terjadi pada bagian gigi yang lainnya. Karies tersebut juga harus dicabut dan dampaknya si kecil akan susah untuk makan. Anda juga tidak ingin kan si kecil menderita karena karies? Makanya, sebagai orangtua, Anda bisa melakukan upaya pencegahan sebagai berikut:

  • Basuhlah atau usap gigi si kecil dengan kain kasa atau kain lap bersih setiap habis makan
  • Mulailah menyikat gigi anak tanpa pasta gigi (jika anak berusia dibawah usia 1 tahun)
  • Bersihkan sela gigi dengan dental floss
  • Jangan mengisi botol bayi dengan minuman manis, misalnya jus atau teh terlalu sering
  • Kurangi asupan gula dalam bentuk apapun kepada anak, terutama saat malam hari
  • Mulailah ajarkan anak minum dengan menggunakan gelas sedini mungkin
  • Mulailah jadwalkan kunjungan anak ke dokter gigi secara teratur mulai usia satu tahun
  • Jangan biarkan si kecil tidur dengan botol susu masih menempel pada mulutnya
  • Hindari penggunaan botol dot dalam jangka panjang

Memang sih, si kecil suka makanan manis. Apalagi susu. Nah Ladies, Anda harus ingat bahwa ASI jauh lebih baik dari pada pemberian susu.ASI adalah asupan makanan yang sehat bagi gigi bayi, karena ASI dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan produksi asam. Namun, ketika ASI diselingi dengan makanan atau minuman manis tingkat kerusakan gigi akan lebih cepat.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading