Sukses

Beauty

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Sebelum Parah

Selama ini bakteri selalu menjadi pemicu masalah sakit tenggorokan. Di Indonesia, antibiotik yang akan dicari terlebih dahulu saat sakit tenggorokan menyapa. Padahal, sedikit-sedikit minum antibiotik juga tidak baik untuk kesehatan.

Pada kasus sakit tenggorokan ringan, Anda bisa mengonsumsi beberapa obat alami, seperti dilansir HealthLine.com berikut ini:

Akar licorice

Akar licorice ampuh untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengembalikan tidur nyenyak Anda. Cukup diseduh dengan air hangat, dibiarkan dingin dan dijadikan obat kumur, maka dalam waktu singkat nyerinya akan berkurang,

Licorice juga mencegah iritasi serta infeksi bakteri yang dapat menyebabkan peradangan di tenggorokan.

Madu

Campurkan teh Anda dengan madu dan lemon untuk meringankan sakit tenggorokan. Ramuan ini mampu mencegah infeksi pernafasan dan membantu mengeluarkan dahak pada kasus batuk.

Selain itu, madu juga efektif mencegah infeksi tenggorokan.

Garam

Bila nenek Anda pernah menyarankan untuk berkumur dengan garam saat sedang sakit tenggorokan, nasehatnya ini tidak salah. Universitas di Connecticut menyarankan hal yang sama bila tenggorokan mulai terasa gatal dan tidak nyaman.

Berkumur dengan air garam akan mengencerkan dahak dan membunuh bakteri jahat di tenggorokan. Selain itu, ia juga dapat meringankan bengkak yang terjadi di dalam tenggorokan.

Peppermint

Peppermint oil menurut Universitas Mariland dapat mengencerkan dahak dan mengobati penyakit tenggorokan ringan. Menurut laporan studi tahun 2008, peppermint mengandung anti peradangan, anti bakteri dan antivirus.

Itulah tadi beberapa bahan alami yang bisa Anda coba sebagai alternatif meringankan dan menyembuhkan penyakit tenggorokan.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading