Sukses

Beauty

Bulimia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (I)

Bulimia nervosa adalah salah satu gangguan pola makan yang kerap terjadi. Penyakit ini merupakan salah satu dampak buruk gambar tubuh atau body image yang negatif. Berikut ini ulasan penyakit bulimia nervosa, seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov.

- Pengertian bulimia nervosa
Penyakit ini adalah gangguan pola makan yang dilakukan seseorang dengan cara mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat, kemudian makanan tersebut “dibersihkan” dengan cara dimuntahkan atau dengan cara mengonsumsi obat pencahar.

- Ciri-ciri bulimia nervosa
Seseorang yang memiliki penyakit ini merasa bahwa dia tidak dapat mengendalikan makanan yang dia konsumsi. Ciri-ciri lain adalah orang tersebut berolahraga secara berlebihan, makan sangat sedikit atau tidak makan sama sekali, atau mengonsumsi obat agar sering buang air kecil.

Ciri-ciri di atas hampir sama seperti ciri-ciri penderita penyakit anoreksia nervosa. Namun ada sedikit perbedaan Ladies, yaitu penderita bulimia nervosa berat badannya lebih normal jika dibandingkan penderita anoreksia nervosa.

- Korban bulimia nervosa
Kebanyakan penderita bulimia nervosa ini adalah wanita, yaitu sebesar 85-90% menurut data di Amerika Serikat. Ada yang beranggapan bahwa penyakit ini menyerang wanita muda dari kaum elit saja. Namun, anggapan itu sangatlah keliru.

Semua wanita dapat mengalami penyakit ini, tanpa melihat usia, golongan, ataupun kebangsaan wanita tersebut. Sama seperti anoreksia nervosa, wanita mungkin mengalami bulimia nervosa apabila tidak bisa menyesuaikan diri dengan budaya yang baru saat berpindah ke tempat baru.

Di artikel selanjutnya akan diulas penyebab dan tanda-tanda penyakit bulimia nervosa. Simak terus ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading