Sukses

Beauty

Anoreksia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (IV)

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan dampak anoreksia nervosa bagi tubuh secara keseluruhan. Kali ini akan dijelaskan cara menyembuhkan penyakit yang disebabkan gambar tubuh atau body image negatif ini.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, cara menyembuhkan penyakit anoreksia nervosa ini ada tiga tahap, yaitu:

- berusaha menormalkan berat badan penderita;

- merawat masalah psikologis yang berkaitan dengan penyakit ini; dan

- menyingkirkan kegiatan atau pikiran yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini.

Dengan menerapkan tiga hal di atas, penyakit ini dapat dicegah agar tidak terjadi lagi.

Beberapa ahli menyarankan penggunaan obat seperti antidepressants untuk menyembuhkan penyakit ini. Diperkirakan obat tersebut dapat menenangkan suasana hati seseorang, sehingga orang tersebut tidak merasa khawatir dan cemas secara berlebihan.

Namun, ada studi lain yang menyatakan bahwa antidepressants ini belum jelas keefektifannya. Alasannya adalah obat ini tidak mencegah penyakit anoreksia nervosa datang lagi. Selain itu, tingkat keberhasilan obat ini untuk meningkatkan berat badan penderita tidak mencapai 100%.

Psikoterapi adalah salah satu cara untuk menyembuhkan anoreksia nervosa. Cara melakukan terapi ini mudah, dokter cukup berbincang-bincang dengan penderita secara rutin. Saat berbincang-bincang, dokter menggunakan berbagai macam teknik berbicara untuk mengubah cara berpikir dan perilaku penderita.

Beberapa ahli menyarankan untuk menggabungkan dua metode di atas, yaitu psikoterapi dan menggunakan obat. Tingkat kesuksesan untuk mengobati penyakit anoreksia nervosa lebih besar jika dilakukan dengan cara menggabungkan dua metode tersebut.

Simak informasi-informasi lain seputar anoreksia nervosa di artikel selanjutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Anoreksia, atau secara medis dikenal dengan istilah anoreksia nervosa, merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penurunan berat badan.

    Anoreksia

  • Body Image

Loading