Sukses

Beauty

Anoreksia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (III)

Di ulasan sebelumnya telah dibahas tanda-tanda dan perilaku korban penyakit anoreksia nervosa. Sekarang akan diulas dampak penyakit yang disebabkan gambar tubuh atau body image negatif ini bagi tubuh secara keseluruhan.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, penyakit anoreksia nervosa menyebabkan tubuh Anda kekurangan energi untuk menjalankan aktivitas Anda sehari-hari, sehingga kerja Anda menjadi lebih lambat daripada biasanya. Selain itu, penyakit ini juga berdampak pada bagian-bagian tubuh Anda, yaitu sebagai berikut.

- Otak dan syaraf
Otak tidak bisa bekerja dengan normal, daya ingat seseorang menjadi buruk, dan perubahan bahan kimia di dalam otak. Rasa takut, gelisah, murung, dan khawatir juga berkaitan dengan otak penderita penyakit ini.

- Rambut
Rambut menjadi lebih tipis dibandingkan biasanya. Karena rambut menjadi tipis, rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

- Jantung
Tekanan darah menjadi terlalu rendah dan detak jantung menjadi lambat. Wanita yang mengalami anoreksia nervosa juga berisiko mengalami palpitasi dan gagal jantung.

- Darah
Berisiko mengalami penyakit anemia dan penyakit darah yang lain.

- Otot, sendi, dan tulang
Otot menjadi lemah, sendi membengkak, dan tulang menjadi keropos. Selain itu, wanita juga berisiko mengalami patah tulang dan penyakit osteoporosis.

- Ginjal
Berisiko mengalami penyakit gagal ginjal dan batu ginjal.

- Cairan tubuh
Cairan tubuh mengalami kekurangan zat-zat penting seperti potasium, magnesium, dan sodium.

- Pencernaan
Berisiko mengalami konstipasi dan pembengkakan pada usus.

- Hormon
Menstruasi tidak berjalan dengan normal, pertumbuhan menjadi tidak lancar, sulit untuk hamil, risiko mengalami keguguran tinggi, berat badan bayi yang terlalu kecil, dan depresi pada masa pospartum.

- Kulit
Kulit menjadi kering dan mudah memar.

Simak cara mengobati anoreksia nervosa di artikel selanjutnya ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Anoreksia, atau secara medis dikenal dengan istilah anoreksia nervosa, merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penurunan berat badan.

    Anoreksia

  • Body Image

Loading