Sukses

Beauty

Anoreksia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (I)

Anoreksia nervosa adalah gangguan pola makan yang ditandai oleh rasa takut berlebihan seseorang untuk mengalami kenaikan berat badan. Penyakit ini merupakan salah satu dampak gambar tubuh atau body image yang negatif. Berikut ini ulasan penyakit anoreksia nervosa, seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov.

- Ciri-ciri anoreksia nervosa

Ciri-ciri penyakit ini ada banyak, yaitu berat badan yang terlalu kecil untuk ukuran tinggi tubuh tertentu, melawan kenaikan berat badan normal, takut jika berat badannya naik, berpikir bahwa dia gemuk padahal dia sudah kurus, dan tidak mengalami menstruasi sebanyak 3 kali berturut-turut (untuk anak perempuan yang baru saja mengalami pubertas).

Para penderita penyakit ini hanya mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sangat sedikit untuk meredakan rasa cemas dan rasa tegang mereka.

- Korban anoreksia nervosa

Penyakit ini umumnya terjadi pada wanita, tapi ada juga laki-laki yang mengalami penyakit ini. Penyakit ini sepertinya sering terjadi di negara-negara yang masyarakatnya memiliki budaya untuk mengecilkan bentuk tubuh mereka.

Wanita yang memiliki perbedaan latar belakang budaya mungkin mengalami penyakit ini apabila tidak bisa beradaptasi dengan budaya yang baru.

- Penyebab anoreksia nervosa

Penyebab pasti penyakit ini belum dapat ditentukan, tapi diperkirakan hal-hal berikut berperan dalam pembentukan penyakit berbahaya ini, yaitu budaya yang mendukung tubuh langsing, keluarga yang memiliki anoreksia nervosa, perubahan hidup atau kejadian yang membuat stres, body image negatif, dan perubahan biologis pada otak.

Di artikel selanjutnya akan diulas tanda-tanda dan perilaku korban anoreksia nervosa. Simak terus ya Ladies!

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Anoreksia, atau secara medis dikenal dengan istilah anoreksia nervosa, merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penurunan berat badan.

    Anoreksia

  • Body Image

What's On Fimela
Loading