Sukses

Parenting

Perbedaan Penyakit Cacar Air dan Penyakit Cacar Monyet

Ladies, sebagian besar orang pasti pernah mendengar istilah penyakit cacar. Namun kenyataannya tidak semua orang tahu secara persis penyakit apa yang dimaksud. Bahkan, tak jarang banyak orang yang belum paham betul tentang penyakit cacar monyet itu seperti apa. Penyakit cacar monyet ini tentunya sangat berbeda dengan penyakit cacar air lho ya.

Nah, supaya Anda tidak makin bingung antara penyakit cacar air dan penyakit cacar monyet, berikut ini ada penjelasannya seperti dilangsir pada situs ncbi.nlm.nih.gov, di antaranya:

- Penyakit cacar air disebabkan oleh virus variola. Sementara penyakit cacar monyet yang dalam bahasa medisnya dikenal sebagai Impetigo bulosa, penyebabnya ialah bakteri Staphylococcus aureus.

- Penyakit cacar air gejalanya lebih ringan, demamnya tidak terlalu tinggi. Kelainan di kulit pada cacar air mengenai jaringan bawah kulit sehingga dapat menimbulkan bekas yang mencolok.

- Penyakit cacar monyet merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri di kulit yaitu Staphylococcus aureus.
Penyakit ini sering menyerang anak kecil, kelainan kulitnya berupa bercak merah yang berubah cepat menjadi lepuh seperti tersundut api rokok, cairan dari lepuhan tersebut mengering dan menjadi noda-noda hitam (bopeng).

Biasanya yang sering terkena adalah sekitar mulut, hidung, leher dan ketiak, dada dan punggung. Kelainan kulit pada cacar monyet hanya pada area tertentu, beda dengan cacar air yang ada pada hampir seluruh area tubuh.

Nah, bagaimana Anda sudah paham kan perbedaan antara penyakit cacar air dengan penyakit cacar monyet? Jika Anda atau teman Anda bahkan keluarga Anda terkena penyakit ini, segeralah periksakan ke dokter.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading