Sukses

Parenting

Minggu ke-2 hingga ke-3 Setelah Imunisasi Campak

Membicarakan tentang imunisasi campak tidak bisa lepas dari membicarakan pula tentang efek samping yang bisa muncul karenanya. Anda mungkin berharap bahwa imunisasi yang harus anda berikan kepada anak-anak anda ini tidak memiliki efek samping ya, Ladies. Namun ternyata imunisasipun bisa memberikan efek samping.

Efek samping yang muncul pun bermacam-macam. Terkadang, efek samping yang muncul pada satu bayi berbeda dengan efek samping yang muncul pada bayi lainnya. Waktu munculnya efek samping inipun tidak sama. Ada efek samping yang munculnya hanya hingga beberapa hari sesudah imunisasi diberikan, tetapi ada juga efek samping yang muncul hingga berminggu-minggu setelah pemberian imunisasi campak ini.

Pada minggu ke-2 hingga minggu ke-3 setelah pemberian imunisasi campak ini misalnya. Pada minggu-minggu ini, seperti yang diungkapkan dalam immunisationscotland.org, bayi anda memiliki kemungkinan untuk mengalami demam dan juga pembengkakan pada beberapa kelenjar di dalam tubuhnya. Efek samping ini mungkin memang tidak muncul pada semua bayi yang mendapatkan imunisasi campak, tetapi anda perlu bersiap-siap menghadapinya, Moms.

Berbagai efek samping seperti ini sebenarnya wajar terjadi. Namun, sebagai seorang ibu, anda pastinya tetap akan khawatir dengan keadaan yang menimpa buah hati kesayangan anda ini.

Untuk meredakan kekhawatiran tersebut, anda bisa mengkonsultasikan hal ini kepada dokter anak anda. Dengan mendengarkan pendapat dari dokter, anda mungkin akan menjadi yakin kalau efek samping yang muncul ini wajar adanya.

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading