Sukses

Beauty

Diet Lemak Jenuh Meningkatkan Resiko Wanita Terserang Kanker Payudara

Bagi semua wanita, penyakit kanker payudara masih menjadi momok yang menakutkan. Karena gejalanya yang tidak mudah ditangkap sejak dini dan banyak ditemukan ketika kanker sudah sampai pada terminal condition. Penelitian terbaru tentang kanker payudara dilakukan oleh Fondazione IRCCS National Cancer Institute di Milan, Italia. Dan fakta yang ditemukan bisa membantu Anda untuk lebih berhati-hati lagi guna mencegah timbulnya kanker payudara, seperti dilansir dari foxnews.com.

Lemak jenuh ternyata memiliki peranan sebagai penyebab timbulnya penyakit kanker payudara. Lemak jenuh banyak ditemukan pada daging dan produk hewani seperti mentega dan keju. Penelitian yang dilakukan hingga 12 tahun ini mengikuti 337.000 wanita dari 10 negara Eropa untuk meneliti diet dan gaya hidup mereka. Dalam kurun waktu tersebut, 10.000 wanita didiagnosis menderita kanker payudara. Awalnya peneliti beranggapan bahwa wanita yang mengkonsumsi lemak jenuh beresiko lebih tinggi terhadap kanker payudara dibandingkan wanita yang mengkonsumsi dalam jumlah lebih sedikit.

Namun setelah diteliti lebih dalam ternyata wanita yang diet lemak jenuh justru memiliki resiko 28 persen lebih tinggi. Pengembangan kanker karena diet lemak jenuh ini dikaitkan dengan meningkatnya kadar hormon estrogen dan progresteron yang dikenal sebagai hormon responsif kanker. Dalam penelitian lebih lanjut, diet lemak jenuh berpengaruh pada HER2 positif yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat kanker tumbuh. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini, para wanita bisa menyeimbangkan kebutuhan asupan lemak jenuh untuk tubuhnya ketika memutuskan untuk diet. Meninggalkan sepenuhnya lemak jenuh justru meningkatkan resiko Anda terserang kanker payudara.

Semoga bermanfaat Ladies.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading