Sukses

Beauty

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Kerja di Kantor Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Terbiasa kerja dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore di kantor? Sudah terbiasa kerja di kantor minimal 8 jam sehari? Anda harus lebih berhati-hati lagi, ada sejumlah kebiasaan di kantor yang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan Anda. Berikut ini 5 kebiasaan di kantor (dilansir dari businessinsider.com) yang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh.

1. Duduk Sepanjang Hari
Duduk dalam waktu yang sangat lama itu berbahaya bagi tubuh Anda. Rasa nyeri atau sakit di bagian tubuh tertentu adalah dampak yang paling kecil dari duduk sepanjang hari. Jika Anda menghabiskan waktu Anda sepanjang hari dengan duduk, risiko Anda terkena sejumlah penyakit seperti diabetes, kanker, sakit jantung, dan gangguan tulang, akan semakin besar. Untuk mengatasinya, Anda harus rutin berolahraga atau ambil jeda selama beberapa menit sekali untuk menggerakkan badan.

2. Berada di Dalam Ruangan dengan Kualitas Udara yang Buruk
Badan Perlindungan Lingkungan menyebutnya sebagai "Sick Building Syndrome", yaitu udara di dalam gedung bisa 100 kali lebih kotor daripada udara di luar gedung. Saat di dalam ruangan (apalagi ruangan yang tak terawat baik), ada banyak polusi yang ditimbulkan oleh pendingin ruangan, partikel beracun, dan bakteri berbahaya.

3. Bekerja Lebih dari 10 Jam Per Hari
Para peneliti di Eropa menemukan bahwa orang-orang yang bekerja 10 jam atau lebh per hari memiliki risiko 60 persen lebih besar terkena gangguan kardiovaskular. Gangguan yang dimaksud ini meliputi serangan jantung dan angina. Jika Anda adalah orang yang gila kerja dan memang sangat suka dengan dunia kerja yang Anda geluti sekarang, Anda harus sebisa mungkin menjaga gaya hidup sehat.

4. Mengetik Terlalu Lama
Apakah pekerjaan Anda selalu berhubungan dengan urusan mengetik di komputer? Anda harus lebih berhati-hati lagi karena terlalu lama atau terlalu banyak mengetik bisa membuat Anda terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS ini adalah kondisi tangan serta lengan yang semakin menyakitkan karena disebabkan oleh syaraf yang terjepit di pergelangan tangan. Untuk memperkecil risiko terkena CTS, Anda harus selalu menjaga proporsi berat badan Anda, berhenti merokok, dan mengikuti gaya hidup sehat. Atau jika memungkinkan, cobalah untuk menata meja kerja Anda agar lebih ergonomis.

5. Rasa Bosan yang Tak Ada Habisnya
Anda sering merasa bosan di kantor? Wah, berhati-hatilah! Menurut sebuah penelitian dari University College London, orang-orang yang sering mengeluh bosan memiliki kecenderungan meninggal di usia muda. Bahkan rasa jemu yang sudah memuncak bisa meningkatkan risiko Anda terkena stroke atau sakit jantung. Ladies, jika rasa bosan itu datang, cobalah untuk, misalnya, mengubah kondisi meja atau ruang kerja Anda agar terlihat lebih menyenangkan dan berbeda.

Di galeri foto di bawah ini, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi tentang meja atau ruang kantor yang tak akan pernah membuat Anda bosan. Hmm, dengan mencuri inspirasi meja dan ruang kerja dari orang-orang sukses ini, mungkin Anda bisa tetap bahagia bekerja di kantor dan terhindar dari rasa stres atau gangguan kesehatan lainnya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading