Sukses

Beauty

Wajib Baca: Beberapa Makanan Pencetus Gangguan Pencernaan

Anda mungkin sering mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau wasir yang mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Biasanya gangguan tersebut muncul setelah Anda makan sesuatu sehingga Anda menyimpulkan bahwa makanan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan gangguan pencernaan. Nah Ladies, alangkah baiknya jika Anda mengetahui makanan apa saja yang menjadi pemicu gangguan pencernaan.

Seperti yang dijelaskan di MeetDoctor.com, Anda perlu menghindari beberapa makanan di bawah ini jika ingin terbebas dari gangguan pencernaan:
Gula buatan
Gula buatan merupakan salah satu penyebab terjadinya diare dan kram perut. Sebab, jika terlalu banyak mengunyah permen karet bebas gula yang dibuat dengan sorbitol dipercaya dapat menyebabkan diare dan kram. Selain itu, makan lebih dari 50 gram sorbitol dalam sehari dapat menyebabkan permasalahan pada usus. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak dapat mencerna sorbitol.

Fruktosa
Salah satu jenis gula lainnya yang dapat menyebabkan diare, kram dan kembung adalah fruktosa. Pada sebagian orang, mencerna makanan manis dengan fruktosa seperti soda, permen, jus buah bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, makanan tersebut dapat menyebabkan diare, perut kembung, kram dan beberapa gangguan pencernaan lainnya.

Makanan yang digoreng
Yang dimaksud di sini adalah makanan yang digoreng dengan kandungan lemak yang melimpah. Makanan dengan potongan lemak daging dengan mentega atau krim yang dapat menimbulkan penderitaan pada perut Anda. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus dengan tambahan sayuran sebagai pengganti mentega atau krim.

Makanan berserat
Beberapa dari Anda memang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi serat guna mencegah sembelit dan wasir. Namun, tidak sedikit juga yang justru harus mengurangi makanan berserat tinggi seperti biji-bijian dan sayuran. Pasalnya, sistem pencernaan kita akan sulit untuk menyesuaikan diri sehingga terciptalah gas dan kembung. Nah, ada baiknya Anda cukup mengonsumsi makanan berserat dan tidak terlalu banyak.

Aneka produk susu
Susu adalah salah satu makanan yang dapat memicu terjadinya diare, perut kembung, dan permasalahan usus. Kondisi tersebut dapat muncul akibat kurangnya enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk olahan susu lainnya.

Makanan pedas
Makanan pedas tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan saja melainkan juga pemicu heartburn. Penelitian menyebutkan, makanan dengan berbahan dasar cabai dan merica dapat memicu terjadinya heartburn.

Oleh karena itu Ladies, menjaga asupan makanan memang sangat penting. Terlebih lagi bagi Anda yang mudah sekali mengalami gangguan pencernaan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: MeetDoctor.com

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading