Sukses

Beauty

Memahami Penyebab Iritasi dan Mengenal Obat Gatal

Gatal-Gatal atau dalam istilah lain disebut pruritus adalah rasa iritasi yang dirasakan seseorang yang membuatnya ingin menggaruk bagian tubuhnya untuk meredakan rasa tersebut. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari penyakit internal seperti masalah ginjal atau penyakit hati, hingga ruam kulit, alergi, dan dermatitis. Lalu obat gatal apa yang tepat untuk meredakan beragam rasa iritasi tersebut?

Penting untuk mengunjungi dokter jika rasa gatal timbul tanpa penyebab yang jelas. Seorang dokter dapat membantu pasien menemukan penyebab timbulnya rasa gatal dan memberikan pilihan tindakan yang tepat untuk meredakannya. Beberapa krim anti gatal atau pelembab kulit dapat membantu pasien menyembuhkan penyakitnya.

Menggaruk area kulit yang gatal memang sesaat dapat meredakan rasa gatal, namun faktanya, terkadang aktivitas ini justru membuat rasa gatal semakin parah setelahnya. Penyebab timbulnya rasa gatal berbeda-beda, oleh karena itu obatnya pun berbeda-beda.

Penyebab rasa gatal digolongkan menjadi beberapa bagian: kondisi kulit, iritasi, kelainan internal, dan kelainan system syaraf. Dalam kasus iritasi, bahan-bahan pakaian pun dapat menyebabkan iritasi atau gatal-gatal pada kulit. Tanaman atau nyamuk juga dapat menjadi sumber gatal.

Beberapa orang dapat merasakan iritasi kulit saat melakukan kontak dengan bahan-bahan seperti wol, parfum, jenis-jenis sabun atau cat tertentu, dan bahan-bahan kimia lain. Alergi-alergi terhadap makanan juga dapat menyebabkan gatal yang cukup mengganggu.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading