Sukses

Beauty

Obat Gatal Dalam Bentuk Krim

Gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya iritasi, Jika Anda merasakan gatal iritasi ringan, maka Anda tak perlu buru-buru membuat janji dengan dokter, karena gatal jenis ini bisa diredakan dengan perawatan di rumah. Mungkin Anda sudah sering mendengar beberapa jenis obat gatal yang kerap digunakan. Salah satu bentuk obat yang paling umum digunakan adalah krim anti gatal.

Krim anti gatal membantu meredakan iritasi, dan melembabkan kulit yang kering karena iritasi. Krim anti gatal ini biasanya memiliki berbagai variasi. Namun rata-rata krim anti gatal mengandung camphor, menthol, fenol, pramoxine, diphenhydramine, benzocaine (atau jenis anestesi ‘caine’ lainnya). Krim-krim ini dapat diaplikasikan beberapa kali, bahkan dalam selang waktu beberapa menit bila dibutuhkan.

Meskipun krim yang mengandung hydrocortisone biasanya juga diiklankan dapat meredakan gatal, namun kandungan ini sebenarnya hanya dapat meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh respon cortisone seperti eczema dan seborrhea. Apalagi karena krim yang mengandung hydrocortisone biasanya tak terlalu kuat, biasanya tak terlalu membantu.

Bila rasa gatal disebabkan oleh iritasi karena hal lain seperti misalnya digigit nyamuk, hydrocortisone tak banyak membantu. Jika Anda menggunakan produk ber- hydrocortisone selama sepuluh hari dan tak kunjung membaik, maka kunjungi apoteker atau dokter untuk menentukan obat lain yang dapat meredakan rasa gatal yang Anda alami.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading