Sukses

Beauty

Obat Gatal dan Tindakan Penyembuhannya

Jika Anda terkena gatal pada kulit tubuh, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan. Sebelum menemtukan obat gatal apa yang akan anda pakai, pertama-tama ketahuilah penyebab terjadinya rasa gatal tersebut. Jika penyebabnya adalah infeksi, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Namun bila penyebabnya adalah iritasi karena gigitan serangga atau racun tanaman, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Pertama, mandi dengan air dingin, bukan air panas yang dapat membuat kulit semakin kering dan menambah rasa gatal. Hindari menggunakan sabun yang berparfum, deodorant ataupun gel shower. Losion tanpa parfum biasanya tersedia di took obat. Gunakan pelembab kulit yang juga tanpa parfum setelah mandi untuk mengembalikan kadar air di kulit.

Untuk pakaian, anda juga harus menghindari jenis-jenis kain yang menambah iritasi kulit, seperti misalnya wol. Kenakan katun yang lembut di mana pun, sebisa mungkin. Hindari pakaian ketat. Untuk mencuci baju, gunakan deterjen yang tak terlalu kuat bahan kimianya agar saat kering pakaian tak membuat kulit semakin teriritasi. Saat tidur, gunakan sprei berbahan ringan yang dingin.

Untuk pengobatan secara kimia, ada beberapa non-steroid yang dapat digunakan, seperti veeno Anti-Itch Cream dengan Natural Colloidal Oatmeal, Band-Aid Anti-Itch Gel, Benadryl Itch Stopping Cream, krim kulit Caladryl Clear Topical Analgesic, losion Calamine, dan Domeboro Astringent Solution Powder Packets. Obat-obat tersebut penggunaannya dapat dikombinasikan dengan obat lain.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading