Sukses

Beauty

Penyembuhan Alternatif Ternyata Juga Punya Efek Samping (4)

Sebagaimana kita ulas dalam artikel sebelumnya, dampak penggunaan obta herbal dalam penyembuhan alternatif ternyata bisa sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, bahan-bahan yang katanya ajaib dan minim risiko ini bisa saja mengakibatkan gangguan yang bahkan lebih serius dari yang Anda kira, salah satunya adalah gangguan kardiovaskuler.

Jangan remehkan yang namanya gangguan kardiovaskuler, karena dalam taraf yang lebih tinggi, bahan ini bisa menimbulkan kematian. Dan selain itu, penggunaan obat herbal yang kurang tepat dengan aturan juga bisa menimbulkan risiko pendarahan dan arrhythmia. Biasanya hal itu terjadi jika obat-obatan seperti gingko biloba, ginseng dan palmetto dikombinasikan dengan bahan-bahan tertentu seperti aspirin, clopidogrel (Plavix), atau warfarin (Coumadin). Tiap tahunnya, ada setidaknya 100 kematian yang terjadi akibat kasus ini.

Dalam laman kevinmd.com, disebutkan bahwa ada setidaknya 27 obat herbal yang ternyata bisa menimbulkan efek berlawanan dengan yang kita harapkan. Padahal sebenarnya, hal ini bisa dicegah jika konsumen melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun masalahnya, banyak pasien yang enggan melakukan ini karena dokter dan obat herbal dianggap saling bermusuhan.

Mereka khawatir dokter akan melarang mengonsumsi obat herbal, dan memaksa membeli obta modern dari dokter yang bersangkutan. Padahal, nyatanya ketakutan ini sama sekali tidak beralasan, karena dokter pastinya lebih tahu mana obat yang lebih tepat untuk pasien, karena sudah mempelajari efek-efeknya.

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading