Sukses

Beauty

Penyembuhan Alternatif Ternyata Juga Punya Efek Samping (3)

Dalam pembahasan sebelumnya, kita sudah mengulas salah satu dampak buruk penggunaan obat herbal dalam penyembuhan alternatif. Fakta-fakta di lapangan memang menunjukkan bahwa memang ada dampak negatif dari pemakaian bahan herbal untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah gangguang kardiovaskuler pada tubuh penderita.

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya gangguan tersebut, antara lain adalah pengolahan bahan yang kurang sempurna. Dalam beberapa kasus, produsen memang berusaha meminimlakn proses produksi obat agar produknya bisa dijual lebih murah. Hal ini jelas berbahaya karena proses yang tak sesuai standart bisa saja menimbulkan bahaya yang tak Anda sangka.

Sebenarnya hal ini bisa saja dicegah jika pasien berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat apapun, termasuk obat herbal. Namun mengingat reputasi obat herbal yang bisa dibilang kurang baik di mata para dokter, banyak pasien yang malah sembunyi-sembunyi menggunakannya. Padahal seharusnya, konsultasi itu justru akan membantu pasien menemukan obat terbaik untuk penyakitnya.

“Karena banyak alasan, pasien cenderung menyembunyikan obat herbal yang dikonsumsinya, dan tak berkonsultasi dengan dokter. Salah satunya karena mereka takut dokter takkan mengijinkan mereka menggunakannya. Padahal ini bisa saja menimbulkan akibat yang fatal,” ungkap Suzanne Steinbaum, MD, seorang ahli kardiologi di Lenox Hill Hospital, di New York City. Hal itu diungkapkan secara langsung dalam sebuah wawancara lewat email.

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading