Sukses

Beauty

Penyembuhan Alternatif Ternyata Juga Punya Efek Samping (1)

Beberapa waktu terakhir, penyembuhan alternatif memang menjadi primadona dalam dunia pengobatan. Banyak orang yang lebih suka menggunakan pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, karena sifatnya yang dianggap minim risiko namun memberikan hasil yang luar biasa untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pengobatan herbal.

Sebagaimana diulas pada kevinmd.com, bahkan obat herbal yang biasa digunakan pada penyembuhan alternatif ternyata juga memiliki efek samping pada tubuh. Bagaimanapun, walau dibuat dari bahan yang katanya 100 persen alami, bahan-bahan herbal masih menimbulkan dampak tertentu pada kesehatan jika dikonsumsi melebihi batas dan jangka waktu terlalu lama. Kondisi tubuh juga tak bisa dipungkiri menjadi penentu apakah obat herbal akan bekerja dengan baik atau tidak.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa obat herbal bisa saja menunjukkan reaksi yang berkebalikan, dan tak sesuai harapan. Dan produk-produyk seperti aloe vera, gingko biloba, ginseng dan green tea bisa saja malah membunuh Anda jika tidak digunakan secara tepat, atau karena tubuh konsumen mengalami kondisi yang berlawanan dan tidak cocok dengan obat herbal yang masuk dalam tubuh Anda.

“Memang dibutuhkan pemahaman yang lebih jelas tentang produk herbal dan kesehatan, deteksi dini dan manajemen racun hebal, dan lain-lain,” ungkap Arshad Jahangir, MD dalam jurnal American College of Cardiology yang diterbitkan bulan Februari lalu.


Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading