Sukses

Beauty

Apa Saja Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Sering Sembelit?

Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan  seperti sembelit sering kali Anda mengabaikannya. Kebanyakan dari Anda menganggap sembelit penyakit biasa. Namun, tidak sedikit juga yang merasakan akibat dari seringnya sembelit. Apa saja ya Ladies?

 

Berdasarkan penjelasan dari dr. Putri Intan Primasari, dokter ahli dari MeetDoctor.com, kemungkinan yang terjadi jika Anda sering mengalami sembelit adalah sebagai berikut:

Wasir

Sembelit yang terus-menerus menimbulkan kebiasaan mengedan ketika buang air besar. Hal itu dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada anus dan selanjutnya terjadi pembengkakan dan akhirnya timbul tonjolan keluar anus, sehingga terjadilah wasir (hemorrhoid). Wasir memerlukan penanganan yang lebih serius dari sembelit, karena masalahnya lebih kompleks. Tidak hanya kesulitan buang air besar, tetapi telah terjadi tonjolan keluar anus yang menimbulkan kondisi tidak nyaman dan menyakitkan.

Tumor Usus

Sembelit yang berkepanjangan juga dapat memicu terjadinya tumor di usus, karena zat-zat dan kotoran yang merugikan yang seharusnya dikeluarkan terlalu lama mengendap di usus, sehingga akan menjadi toksik/racun yang memicu sel kanker atau bersifat karsinogen.

Wah Ladies, jangan biarkan sembelit menimbulkan penyakit serius yang menyiksa Anda. Makanya, jika tanda-tanda dari sembelit mulai dirasa, segera Anda melakukan upaya untuk mengobati dan mencegahnya.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading