Sukses

Parenting

Mengenal Mammary Gland Organ Pada puting Payudara Menyusui

Pada pembahasan kali ini Bunda akan diajak untuk mengenal satu organ pada puting payudara menyusui yang tak kalah penting dengan organ-organ lain pada payudara Bunda. Oh iya, organ ini bahkan yang paling penting dan krusial untuk seorang Bunda yang sedang menyusui.

Kok bisa? Temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut sampai tuntas.

Seperti yang dilansir oleh laman healthline.com, mammary gland adalah sebuah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi susu. Mammary sendiri berarti susu dan terletak di dada (penggunaan kata tersebut pada manusia).

Sebenarnya, pada pria juga dapat ditemukan mammary, namun setelah menginjak masa pubertas, jaringan mammary pada pria tidak berkembang seperti layaknya pada wanita.

Selama masa kehamilan, tubuh pada wanita akan melepaskan hormone progesteron dan prolaktin. Progesteron akan mengganggu fungsi dari prolaktin, tujuannya adalah agar susu tidak keluar sebelum masa menyusui pada seorang wanita tiba.

Selama waktu tersebut, zat pra-susu akan dihasilkan oleh tubuh dalam jumlah kecil yang disebut kolostrum. Cairan ini kaya akan antibody dan nutrisi untuk membantu bayi bertahan hidup selama masa awal kelahirannya ke dunia.

Setelah melahirkan, kadar progesterone menurun dan tingkat prolaktin meningkat. Ini adalah sebuah sinyal bagi kelenjar susu (mammary) untuk melakukan fungsinya yaitu memproduksi dan mengeluarkan ASI untuk bayi.

Sekarang Bunda telah mengenal satu organ penting yang memberi kehidupan bagi sang buah hati. Berterimakasihlah kepadanya dengan cara menjaganya tetap sehat.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading