Sukses

Beauty

Sudah Diet dan Olahraga, Tapi Berat Badan Kok Belum Turun Juga?

Duh, ingin turun berat badan saja susah sekali, sih? Diet sudah. Olahraga sudah. Tapi kok berat badan belum turun-turun juga? Ladies, apakah Anda pernah berada dalam situasi seperti itu?

Dilansir dari womenshealthmag.com, ada beberapa penyebab mengapa berat badan Anda belum juga turun padahal Anda sudah diet dan juga olahraga. Simak informasinya berikut ini!

Apa Kata Ahli?
Lisa Young, Ph. D., R.D., penulis buku "The Portion Teller Plan" menjelaskan bahwa pada umumnya orang yang sudah diet dan olahraga tapi belum berhasil menurunkan berat badannya itu disebabkan oleh satu hal. Yaitu bahwa kita sering merasa bahwa kita sudah melakukan diet dan olahraga dengan baik, jadi kita sering memberikan imbalan yang berlebihan pada diri kita sendiri.

Biasanya setelah olahraga, kita merasa sudah membakar kalori cukup banyak. Sehingga kadang kita tak lagi bisa mengontrol asupan makanan kita dan makan makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Inilah yang justru membuat berat badan kita naik dan bukan turun.

Terlalu Lelah dan Stres
Berolahraga dan makan makanan yang sehat saja kadang masih belum cukup. Misalnya, jika Anda tidak tidur dalam waktu yang cukup, badan Anda tak akan menerima dampak positif dari olahraga dan diet Anda. Stres juga bisa mengganggu produksi hormon di dalam tubuh Anda, malah gangguan hormon ini bisa membuat tubuh Anda menumpuk lebih banyak lemak lagi. Jadi waktu tidur dan tingkat stres Anda juga memengaruhi keberhasilan diet dan olahraga Anda.

Melakukan Hal yang Sama Berulang Kali
Setiap orang pasti memiliki kegiatan olahraga atau fitnes favorit. Tetapi jika Anda hanya melakukan satu jenis kegiatan olahraga yang sama berulang-ulang kali dalam waktu yang lama, Anda tak akan lagi melihat adanya perubahan yang positif pada tubuh Anda. Solusinya adalah cobalah lakukan sesuatu yang baru dan berusahalah untuk lebih spesifik. Misalnya jika Anda ingin memiliki tubuh yang langsing dan fleksibel, Anda bisa pilih yoga sebagai kegiatan baru Anda.

Takut Mencoba yang Baru
Untuk bisa menurunkan berat badan, intensitas kegiatan olahraga yang Anda lakukan jauh lebih penting daripada durasi kegiatan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda tidak melakukan satu kegiatan olahraga yang sama selama berulang-ulang kali. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa menurunkan berat badan dengan baik, sebaiknya Anda melakukan kegiatan olahraga yang berselang-seling antara yang mudah, sedang, dan sulit setiap minggunya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading