Sukses

Beauty

7 Hal Yang Wajib Diketahui Wanita Soal Tamu Bulanan

Masih menganggap bahwa menstruasi adalah hal tabu yang tak patut dibicarakan? Well, menstruasi pasti akan dialami setiap wanita ketika usia remaja. Hal ini menunjukkan bahwa organ kewanitaan sudah sempurna. Tubuh sudah bisa menghasilkan sel telur yang nantinya akan dibuahi oleh sperma saat perencanaan kehamilan.

Dan bicara soal menstruasi, ada banyak hal yang wajib Anda tahu tentangnya. Dilansir huffingtonpost.com, inilah fakta tentang tamu bulanan yang kerap membuat Anda merasa nyeri dan lemas.

Fakta 1

Kenapa sih kok dibilang tamu bulanan? Seperti siklus bulan, haid memang datang menyapa pada siklus 28 hari. Namun tidak hanya 5-7 hari saja yang penting, siklus berjalan sepanjang setiap hari tersebut. Pembentukan sel telur di dalam ovarium juga mirip dengan pembentukan bulan.

Bagaimana bila siklus tidak teratur datang setiap 28 hari? Ada kalanya gangguan hormon yang menyebabkan menstruasi tidak teratur. Ketika Anda mulai mengkhawatirkannya, lakukan pengecekan kesehatan pada dokter sehingga bisa diketahui apa penyebabnya.

Fakta 2

Saat menstruasi datang, ini bukanlah siklus akhir, melainkan awal.

Fase menstruasi dihitung justru sejak hari pertama menstruasi keluar. Dalam hitungan jam, level estrogen di dalam tubuh meningkat, meninggalkan apa yang disebut dengan PMS dan puncaknya berada beberapa hari sebelum menstruasi datang. Inilah mengapa Anda mengalami kesedihan, emosi yang naik turun setiap haid datang.

Fakta 3

Sangatlah penting menjaga kondisi miss V sepanjang menstruasi datang. Pastikan memilih pembalut yang nyaman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya karena dapat membawa zat-zat kimia pada rahim secara langsung.

Fakta 4

Ketahuilah hormon estrogen yang muncul pada fase minggu kedua. Di mana tubuh jadi lebih energik, bahagia, antusias dan sangat bersemangat dalam melakukan berbagai hal.

Fakta 5

PMS itu normal, jangan menyesali adanya PMS karena pada saat itu hormon Anda memang sedang bergejolak. Menyebabkan terpicunya mood yang naik turun, dan rasa sedih atau rasa marah yang muncul. Tetapi, tentu saja Anda butuh pengendalian diri agar apa yang Anda perlihatkan sepanjang PMS itu tidak sampai mengganggu orang lain.

Lakukan saja meditasi atau olahraga ringan sehingga tubuh lebih rileks dan hormon kembali seimbang.

Fakta 6

Sangatlah penting untuk memperhatikan nutrisi makanan yang diasup sepanjang menstruasi. Tingkatkan asupan kaya akan magnesium yang akan membantu mengurangi nyeri atau kram karena haid. Selain itu, mengonsumsi vitamin B6 juga dapat meminimalisir rasa mual yang muncul akibat haid.

Fakta 7

Masa subur wanita terjadi di hari 12-16, dihitung dari hari pertama Anda menstruasi. Di sinilah sel telur sedang matang-matangnya dan akan mudah terjadi kehamilan ketika dibuahi.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading