Sukses

Parenting

Mencegah Lebih Baik Daripada Menggunakan Obat Cacar Air - 1

Apakah anda sedang menderita gatal-gatal di sekujur tubuh yang disebabkan penyakit cacar air? Sakit apapun memang tidak pernah nyaman, cacar air sekalipun. Memang, obat cacar air saat ini sudah bermacam-macam jenisnya. Dan kemanjuran obatnya pun sudah tidak diragukan lagi. Namun, akan lebih baik jika anda melakukan cara pencegahan agar tidakterserang virus penyebab cacar air.

Seperti yang dijelaskan dalam laman cdc.gov, mencegah terkena cacar air baik karena tertular maupun terkena sendiri saat ini sudah sangat umum dilakukan. Siapapun dianjurkan untuk mencegah penyakit satu ini. Untuk mencegahnya, anda dapat melakukan vaksinasi cacar air.

Vaksinasi cacar air dapat dilakukan pada orang dewasa maupun anak-anak, diutamakan pada orang-orang yang mungkin tertular karena seseorang di sekitarnya terkena cacar air.

Untuk anak-anak, vaksinasi 99% ampuh untuk mencegah cacar air. Dokter menganjurkan anak-anak harus mendapatkan vaksinasi sebanyak dua kali, yaitu saat mereka berumur 12-15 bulan, dan saat mereka berumur 4-6 tahun.

Namun, anak-anak sehat yang sudah pernah terkena cacar air tidak perlu mendapatkan vaksin lagi walaupun ada yang sedang menderita cacar air di lingkungannya. Hal itu dikarenakan mereka memiliki sistem imun yang sudah cukup kuat untuk mencegah cacar air datang lagi.

Jika anak-anak mendapat kemungkinan tertular cacar air oleh orang disekitarnya, vaksinasi harus segera dilakukan tidak lebih dari 2 hari (48 jam) sejak adanya kontak dengan penderita cacar air. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan virus. Jika tertular pun, cacar air yang dideritanya hanya cacar air ringan tanpa gejala demam.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading