Sukses

Beauty

Ciri Penyakit Ginjal Tahap Awal Pada Penderita Diabetes

Katanya, semua orang beresiko terkena diabtes. begitu pun dengan penyakit ginjal. Nah ternyata nih Ladies, orang yang terkena diabetes mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita gangguan ginjal juga, lho. Kalau begitu, seperti apa ciri penyakit ginjal pada penderita diabetes?

Menurut kidney.org, pertanda paling awal seorang penderita diabetes juga mengalami gangguan ginjal adalah adanya peningkatan ekskresi albumin pada penderita tersebut. Hal ini biasanya sudah muncul sejal lama, sebelum dokter berkesempatan membuktikannya dalam tes laboratorium.

Karena itu, apabila Anda menderita diabetes, Anda perlu melakukan cek urin secara berkala setiap tahunnya. Kemudian, kehadiran gangguan ginjal ini juga dapat dilihat pada penaikan berat badan tanpa sebab yang jelas serta pembengkakan pada kaki.

Pembengkakan ini disebabkan oleh kegagalan ginjal dalam memproses kelebihan cairan, sehingga cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh, terutama pada bagian kaki. Kegagalan pemrosesan cairan ini juga akan meyebabkan Anda lebih sering buang air daripada biasanya.

Frekuensi buang air kecil yang meningkat ini biasanya semakin parah di malam hari. Selain itu, komplikasi antara gula darah berlebih dengan gangguan fungsi ginjal juga akan membuat tekanan darah Anda meningkat.

Sebagai penderita diabetes, Anda wajib memperiksakan darah dan urin Anda, minimal satu kali dalam setahun. Sehingga, ketika terdapat tanda-tanda bahwa fungsi ginjal mulai terganggu, Anda bisa mendapatkan pertolongan secepatnya untuk menghindari resiko komplikasi.

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading