Sukses

Parenting

Apa Saja Ciri Penyakit Ginjal Pada Bayi? (I)

Meskipun kebanyakan penyakit ginjal disebabkan oleh umur dan gaya hidup, pada beberapa kasus bayi-bayi dilahirkan dengan kelainan ginjal bawaan lho, Bunda. Kalau begitu, apakah ciri penyakit ginjal pada bayi ini berbeda dengan orang dewasa pada umumnya?

Menurut lansiran kidshealth.org, pada dasarnya gejala-gejala adanya gangguan fungsi ginjal pada bayi ini sama seperti orang dewasa, meskipun penampakannya akan lebih samar. Bayi yang menderita penyakit ginjal akan sering mengalami demam tinggi. Bisa jadi, demam ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada ginjal dan saluran urethra.

Selain itu, Anda dapat melihat adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh bayi. Biasanya, pembengkakan atau edema ini terjadi di sekitar wajah, mata, kaki, dan pergelangan kaki. Pembengkakan ini terjadi karena ginjal tidak bisa membuang kelebihan cairan tubuh bayi.

Bayi penderita gangguan ginjal juga mempunyai tekanan darah yang tinggi. Namun sepertinya Anda butuh bantuan alat untuk mendeteksi ciri yang satu ini ya, Bunda. Terkadang, berat badan bayi juga kurang dari normal, meskipun tubuh bayi bengkak di sana-sini. Biasanya ini terjadi apabila penyakit ginjal ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

Pertanda lain yang nampak adalah rona muka bayi yang pucat dan tidak sesegar bayi-bayi pada umumnya. Gerakannya pun tidak seaktif bayi pada umumnya, malah cenderung lesu dan lemas. Terkadang, bayi penderita ginjal juga mudah muntah, membuatnya semakin lemah.

Kemudian, ciri-ciri lain yang paling ketara adalah adanya masalah seputar urin. Namun, ikuti pembahasan ini di artikel berikutnya ya, Ladies! Semoga bermanfaat.

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading