Sukses

Beauty

Kenali Penyebab Sariawan Yang Sering Mengganggu Anda!

Sariawan memang bukan penyakit serius, namun penyakit mengganggu ini sering menimpa banyak orang, termasuk Anda. Adanya sariawan sering kali membuat Anda tidak nyaman terlebih lagi saat sedang makan dan juga berbicara. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kan jika Anda mengenali apa saja yang menjadi penyebabnya.

Munculnya sariawan tidak bisa diterka dan Anda tidak bisa menduganya. Sehingga banyak orang bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab dari sariawan. Ada banyak faktor penyebab sariawan. Namun penyebab sariawan yang terjadi secara berulang disebut dengan Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR) masih belum dapat diketahui secara pasti.

Menurut penjelasan drg. Natalia Astina dari MeetDoctor.com, berikut ini adalah beberapa faktor umum yang menyebabkan Anda terkena sariawan:

Pasta gigi dan obat kumur sodium lauryl sulphate (SLS)

Penelitian menunjukkan bahwa produk dengan kandungan SLS yang memiliki banyak busa akan banyak ditemui dalam pasta gigi dan juga obat kumur. Nah, penggunaan SLS dapat menyebabkan permukaan rongga mulut Anda menjadi kering dan sehingga Anda akan lebih rentan terhadap iritasi dan sariawan pun tak terelakkan.

Genetik

Salah satu penyebab seseorang terserang SAR adalah karena adanya faktor genetik. Bila kedua orangtua Anda menderita SAR, ada kemungkinan bahwa Anda juga akan terjangkit SAR. Bahkan parahnya, seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami SAR maka Anda terancam akan menderita SAR sejak usia muda dengan kondisi yang lebih berat.

Trauma

Dalam hal ini, trauma bukanlah yang berhubungan dengan faktor berkembangnya SAR, melainkan sebagai faktor pendukung terbentuknya SAR. Misalnya saja saat tak sengaja bibir Anda tergigit ketika makan dan berbicara, menggunakan kawat gigi atau behel, mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas, serta sikat gigi.

Gangguan immunologi

Para peneliti menunjukkan bahwa respon imun yang berlebihan akan membuat para pasien pengidap SAR bisa menyebabkan ulserasi lokal pada mukosa.

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab sariawan. Beberapa pasien justru melaporkan mengalami SAR setelah berhenti merokok. Biasanya perokok berat memiliki tingkat keparahan SAR yang rendah.

Nah Ladies, setelah mengetahui beberapa penyebab sariawan tadi, kini Anda bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan Anda terkena sariawan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: MeetDoctor.com

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading