Sukses

Beauty

Tips Mengurangi Kebiasaan Pikun di Usia Muda

Semakin sibuk dan aktifnya muda mudi jaman sekarang, menyebabkan makin tinggi resiko mereka untuk mudah lupa atau sulit konsentrasi. Pada dasarnya kesibukan mengalihkan kita dari keteraturan apabila kita tak bisa memanagenya. 

Itulah mengapa mereka yang memiliki kesibukan tinggi kerap insomnia, sering mengantuk saat masih pagi dan mudah lupa. Bahkan hal yang hendak dikerjakan semenit yang lalu mudah dilupakan. Menurut sebuah penelitian, ada beberapa faktor yang menyebabkan kelupaan atau kepikunan pada usia dini ini. 

Namun bila beberapa faktor ini Anda kelola, maka bisa menjadi obat anti pikun juga lho. Jadi semua dimulai dari Anda dan akan kembali pada Anda. Yuk berantas kepikunan di usia muda agar lebih sukses mencapai apa yang Anda inginkan. 

(vem/gil)

Mencukupi Tidur

Saatnya lebih disiplin pada diri Anda. Cukupilah waktu tidur karena itu yang lebih perlu Anda genapi dibanding overtime untuk pekerjaan dan aktivitas lainnya. It's okay kalau Anda jadi kurang tidur karena kesibukan, namun jangan setiap hari. 

Tidur lebih lama dan proporsional, bisa mengistirahatkan otak dan membuat Anda bangun dengan lebih segar. Setidaknya, cukupilah tidur 8 jam sehari entah dalam rentang waktu yang terpisah atau sekaligus. Lepaskan kejengahan dan pikiran tentang pekerjaan saat Anda sudah berada di kasur. 

Mengonsumsi Lemak Tak Jenuh

Konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Karena makanan seperti ini ternyata sangat baik untuk memberi nutrisi pada otak Anda. Memang efeknya tak terasa langsung, namun bisa memelihara jaringan sistem kognitif Anda. 

Beberapa makanan yang bagus untuk Anda di antaranya adalah alpukat, almond, minyak zaitun dan sejenisnya. Jangan ragu mengonsumsi makanan berlemak yang baik untuk kesehatan Anda. Lemak ikan juga bagus untuk menjaga kualitas sel kita agar tak mudah rusak. 

Makan Buah Berry

Jangan cuma makan yang mengandung gula. Kalau biasanya Anda mengonsumsi jus dengan menggunakan pemanis, coba deh makan lebih banyak buah berry dengan minim gula. Kandungan anti oksidan dalam buah berry sangat bagus untuk menjaga keremajaan sel. 

Semburan vitamin C dari buah-buahan ini bisa membantu Anda lebih semangat dan tetap segar sehingga lebih konsentrasi. Selain itu, buah berry bisa membuat Anda awet muda lho, Ladies. 

Kurangi Konsumsi Gula Dan Tepung

Menurut penelitian, untuk meningkatkan ketajaman otak, sebaiknya Anda mengonsumsi lebih sedikit gula dan zat tepung. Hal ini untuk mengurangi pengrusakan level insulin di otak yang bisa membuat otak Anda mengalami penurunan kondisi. 

Anda bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat. Misalnya roti gandum, kacang-kacangan, ubi dan sebagainya. Kurangi penggunaan tepung bumbu atau makanan instant seperti mie dan MSG. 

Jangan Menganggurkan Pikiran

Latihlah otak Anda. Jangan menganggurkan pikiran Anda terlalu lama dan sering. Ini akan membuat Anda malas berpikir atau bahkan mengingat. Coba latih dengan bermain teka-teki silang. 

Mulai manage jadwal Anda dengan menggunakan jadwal harian atau mencoba multitasking dalam melakukan sesuatu. Dengan begitu pikiran Anda terlatih untuk mengingat banyak hal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading