Sukses

Beauty

Apa Saja Sih yang Menyebabkan Iritasi Mata?

Mata merupakan salah satu organ penting bagi Anda. Terjadi gangguan sedikit saja pada organ mata, dampaknya pada indera penglihatan Anda. Misalnya saja, mata merah atau iritasi yang mudah menyerang mata Anda. Lantas apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ya?

Seperti yang dilansir dari MeetDoctor.com, mata Anda sangat rentan terhadap cedera. Bahkan hal kecil seperti debu dapat membahayakan mata dan bisa menyebabkan infeksi. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat membahayakan mata, di antaranya:
Benda asing yang masuk ke mata
Benda asing seperti butiran debu, lensa kontak, atau bedak bubuk juga bisa membahayakan mata Anda. Benda tersebut dapat membuat kornea mata tergores dan ketika sudah terjebak di mata, akan sangat sulit untuk diidentifikasi. Bekas goresan tersebut akan membuat Anda dan mengucek mata Anda dan akhirnya bisa memperparah keadaan mata Anda.

Luka bakar pada mata
Luka bakar pada yang disebabkan oleh uap bahan kimia, uap panas, sinar matahari, pengeriting atau pengering rambut listrik (hairdryer), semburan api hingga ledakan kompor adalah hal yang sangat berbahaya bagi mata.

Pukulan atau benturan langsung pada mata
Beberapa kegiatan olahraga kadang ada yang membahayakan mata. Misalnya saja gulat, tinju, tenis yang bisa mengena mata. Karena olahraga tersebut memiliki kontak fisik yang cukup tinggi, selain itu pukulan atau benturan langsung pada mata dapat dapat merusak kulit dan jaringan di sekitar mata, bola mata, bahkan tulang-tulang rongga mata.

Kantong udara penyelamat (airbag)
Penggunaan kantong udara yang terbuka secara otomatis ketika mobil mengalami sebuah benturan keras. Sayangnya, hal tersebut justru dapat mencederai mata. Kecepatan kantong udara saat mengembang hampir serupa dengan pukulan pada mata. Tidak hanya itu, bahan kimia yang terdapat pada kantong udara pun bisa membuat luka bakar pada mata.

Serpihan yang berterbangan
Serpihan yang berterbangan seperti, serbuk kayu hasil gergaji atau potongan rumput yang terurai dari mesin potong rumput dapat menusuk mata. Serpihan tersebut dapat terbang dengan cepat ke mata dan mengakibatkan pendarahan antara iris dan kornea mata, dan berujung pada kerusakan struktur bola mata.

Nah Ladies, sebelum mata Anda terkena infeksi, sebaiknya Anda melakukan upaya pencegahan. Caranya dengan menggunakan kacamata pelindung saat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kontak fisik, bahan kimia, listrik ataupun bahan-bahan lain yang berbahaya bagi mata.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading