Sukses

Beauty

Ini Lho Pentingnya Mencuci Tangan Usai Pakai Toilet

Siapa yang sering terburu-buru kabur dan tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet?

Ya...ya... ya... Bukan hanya Anda sendirian kok yang pernah melakukannya. Entah alasannya karena terburu-buru, sabun habis, atau apapun juga, pernahlah Anda tidak meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Tampaknya memang remeh ya, tetapi justru dari cuci tanganlah kesehatan bisa dikontrol.

Kuman dan bakteri sangat mudah menjangkiti tubuh akibat pemakaian toilet, entah itu toilet pribadi ataupun umum. Dilansir Livestrong.com, The Canadian Centre for Occupational Health and Safety menyatakan bahwa virus dan bakteri dapat berpindah ke satu orang ke orang yang lain dengan sentuhan bahkan tak lebih dari 5 detik. Tanpa sadar, kemudian Anda menyentuh wajah, rambut, mata, dan bagian tubuh lain, dan di sinilah kemudian kuman dari tangan menyebar.

Kuman tersebut biasanya mengirimkan flu perut, gastroenteritis, dan lain sebagainya. Diare, mual, nyeri perut, muntah, ketidaknyamanan adalah tanda-tanda bahwa kuman bereaksi pada perut Anda. Ada yang gejalanya ringan, adapula yang berat bahkan hingga menyebabkan kematian.

Virus gastroenteritis ini mungkin muncul dalam makanan atau air yang terkontaminasi. Dan apabila Anda terinfeksi, dalam waktu 4 - 48 jam, Anda akan merasa sakit.

Cara mencegah penyakit yang juga dikenal sebagai flu perut ini adalah dengan mencuci tangan dan mempersiapkan makanan dengan benar. Tak hanya anak-anak saja yang harus menjalankannya, namun Anda juga.

Yuk awali kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri dengan mencuci tangan. Jangan pernah meremehkan cuci tangan walaupun Anda harus mengulangnya lebih dari 10 kali dalam sehari ya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading