Sukses

Beauty

Kenapa Menstruasiku Tidak Teratur? Temukan Jawabannya Di Sini!

Duh, menstruasiku tidak teratur. Kenapa ya?
Ladies, ada banyak faktor yang memengaruhi periode menstruasi seseorang. Seperti yang dilansir oleh sheknows.com, ada beberapa hal yang menjadi penyebab menstruasi Anda tidak teratur.

1. Kehamilan
Dalam beberapa kasus, seorang wanita hamil juga masih bisa menstruasi. Hanya saja darah haid yang keluar tidak sebanyak biasanya. Jika menstruasi Anda tidak teratur atau terlambat dari biasanya, bisa jadi karena Anda hamil.

2. Stres
Hormon stres yang bernama kortisol memiliki pengaruh langsung terhadap produksi hormon progesteron dan estrogen. Ketika Anda stres dan produksi kortisol Anda berlebih, siklus menstruasi Anda juga akan berubah.

3. Diet
Makanan yang Anda makan memengaruhi siklus menstruasi Anda. Misalnya, ketika berat badan Anda bertambah, tubuh Anda akan memproduksi jenis hormon tertentu yang bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.

4. Olahraga
Jika Anda olahraga terlalu lama atau terlalu berat, energi tubuh Anda akan terkuras habis. Padahal tubuh Anda butuh energi yang cukup untuk bisa menstruasi.

5. Pil KB
Pil KB yang mengandung hormon tertentu akan memengaruhi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri. Bisa butuh waktu berbulan-bulan agar tubuh Anda bisa menyesuaikan diri dengan kandungan hormon di dalam pil KB Anda.

6. Sindrom Polycystic Ovary
Komplikasi ini bisa menyebabkan pembentukan kista di ovarium. Alhasil, siklus menstruasi Anda tidak akan teratur dan sering terganggu.

7. Mengonsumsi Obat-Obatan
Jika Anda sakit dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, masa menstruasi atau datang bulan Anda bisa terganggu. Hal ini karena banyak obat-obatan yang mengganggu cara tubuh memproduksi progesteron dan estrogen.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading