Sukses

Beauty

Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengobati Luka Bakar?

Ada banyak jenis luka bakar yang bisa dialami dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu saat mempersiapkan makan siang dan tiba-tiba tangan Anda terbakar saat memasak, atau disebabkan hal lainnya.

Dan ketika luka bakar ini menyerang, Anda kerap bingung dan panik bagaimana cara mengatasinya. Luka bakar adalah jenis luka yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, membutuhkan waktu yang agak lama.

Salah satu tips mengatasi luka bakar adalah dengan menggunakan pasta gigi. Tips ini berulang kali disebarkan dari mulut ke mulut tanpa diketahui kebenarannya.

Apakah pasta gigi memang bisa mengobati luka bakar?

Jawabannya tidak. Pasta gigi tidak pernah bisa mengobati luka bakar, namun sebagian orang percaya bahwa pasta gigi bisa dimanfaatkan untuk mengurangi sedikit rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar, serta mencegah agar luka tersebut semakin parah.

Perlu diketahui, tidak semua pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Terlebih dahulu, Anda harus tahu jenis luka bakar seperti apa yang Anda alami, dan seberapa besar tingkat keparahannya.

Gunakan air dingin yang mengalir

Pertolongan pertama pada luka bakar bukanlah pasta gigi, melainkan air dingin yang mengalir di keran. Dan hal yang pertama kali bisa Anda lakukan saat terkena luka bakar adalah membawanya pada air yang mengalir.

Sensasi terbakar kemudian akan berkurang, dan di sinilah kemudian Anda bisa melanjutkan pada pengobatan selanjutnya.

Air dingin membantu menghentikan proses pembakaran, sehingga kulit berhenti terbakar.

Kapan pasta gigi dipakai?

Setelah luka bakar berhasil disiram dan dihentikan oleh air, maka inilah saatnya pasta gigi digunakan. Pasta gigi sebenarnya berfungsi meringankan luka bakar.

Selain menurunkan rasa sakitnya, rasa dinginnya mencegah pembakaran semakin parah. Inilah mengapa pasta gigi tertentu yang hanya boleh digunakan. Pasta gigi dengan mint yang tinggi sebaiknya tidak dipakai karena dapat menyebabkan luka semakin terasa panas.

Yang tak boleh dipakai

Ada barang-barang yang sebaiknya tidak dioleskan pada luka bakar, karena akan memperparah dan memperburuk kondisi luka. Seperti misalnya pembalut, mentega, minyak atau lotion. Hal-hal tersebut akan membuat pori-pori tersumbat serta kulit tak bisa bernapas.

Gunakan gel khusus untuk luka bakar

Apabila lukanya tidak terlalu parah, Anda bisa menggunakan gel khusus untuk luka bakar yang bisa dibeli di apotek. Namun, apabila lukanya sangat parah, maka yang harus Anda lakukan adalah pergi ke dokter dan mendapatkan pertolongan dari para ahli.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading