Sukses

Beauty

10 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Makan Malam

Makan malam seringkali menjadi waktu yang kita nantikan. Makan dengan santai dan hangat dengan keluarga atau orang tersayang, atau kumpul bareng teman. Namun jangan sembarang pilih menu makan malam.

Salah pilih menu makan malam memang bisa membuat Anda kekenyangan, kegemukan dan sulit tidur. Karena mungkin terlalu banyak gula atau kafein yang kita konsumsi. Protein dan kerbohidrat yang bertemu dalam satu piring juga bisa membuat beban pencernaan kita makin berat. 

Namun jangan khawatir, Vemale akan bagikan rahasia menu makanan yang masih bisa ditolerir sebagai menu makan malam. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makan malam menyehatkan yang Vemale rangkum dari Boldsky.

(vem/gil)

Lettuce dan Sup Bening

Lettuce

Sayuran hijau ini menyegarkan dan mengandung banyak serat. Ia bisa membantu Anda kenyang lebih cepat. Sajikan dalam salad Anda karena lettuce adalah makanan yang tergolong dalam 'zero calories'. Jadi, dijamin tidak akan membuat Anda gemuk. 

Sup Bening

Buatlah sup bening dari sayuran dan boleh juga dari rebusan tulang. Sup semacam ini bisa memberi tenaga. Lebih baik di malam hari makan sup bening dibanding tipe sup yang kental dan mengandung banyak bumbu. Perbanyak sayuran dan kurangi daging-dagingan. Sup sayuran juga membuat pencernaan Anda lebih lancar dibandingkan dengan sup pekat dan mengandung banyak lemak. 

Daging Dan Paprika

Daging Tanpa Lemak

Pilihlah daging yang tak menempel dengan jaringan lemak, Daging seperti ini lebih banyak manfaat baiknya dan merupakan menu makan malam yang bagus bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda membutuhkan protein dalam menu makan malam Anda.

Paprika

Tanaman yang masih satu keluarga dengan cabai ini memberikan manfaat anti oksidan dalam menu makanan Anda. Selain rendah kalori, paprika termasuk jenis bumbu yang lebih menyehatkan dibanding cabai dan merica. Menambahkan paprika dalam menu makanan Anda juga bisa memperkaya aroma dan rasa masakan. 

Buncis dan Tofu

Buncis

Anda bisa menggunakan menu buncis dalam salad atau kare kesukaan Anda. Jenis makanan ini memberi suplai tenaga meski kalorinya rendah. Juga bisa menjadi sumber serat yang bagus bagi kesehatan Anda. Makan buncis membantu Anda tetap kenyang dalam kadar yang lebih normal dibandingkan saat Anda kekenyangan makan. 

Tofu

Anda bisa memilih tofu atau tahu biasa. Keduanya merupakan sumber protein yang baik. Cocok bagi Anda yang vegetarian dan tak makan daging. Karena menu ini memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh Anda tanpa membuat Anda gemuk. Selain tofu, Anda juga bisa mengonsumsi tempe dan kecap yang masih satu keluarga, makanan dari kedelai. 

Brokoli dan Keju Rendah Lemak

Brokoli

Di antara banyak sayuran hijau, sayur brokoli memang banyak dicari oleh orang. Rasanya tidak pahit dan mengandung kalori yang rendah. Menu ini cocok bagi makan malam Anda karena menyuplai anti oksidan dan menyehatkan di malam hari. Brokoli di malam hari bisa mengatasi keinginan Anda untuk ngemil karena sensasi rasa sayuran yang satu ini. 

Keju Rendah Lemak

Bila Anda rindu akan keju, Anda bisa memilih keju rendah lemak sebagai salah satu tambahan menu makan malam Anda. Memang masih ada lemaknya, namun kalsiumnya bisa membantu Anda menguatkan tulang. Rasa keju juga membuat makanan terasa lebih gurih dan yummy. Selama porsinya dalam batas wajar, keju tak akan membuat Anda gemuk kok. 

Baca juga: 16 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Usia 2 Bulan, 5 Bulan, dan 7 Bulan

Bawang Merah Dan Ayam Grilled

Bawang Merah

Bawang merah sebaiknya disertakan dalam makanan Anda, Bukan hanya sebagai penambah rasa, namun kandungan seleniumnya bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Lagipula, masakan terasa kurang lengkap tanpa adanya bawang merah. 

Ikan Atau Ayam Grilled

Ikan atau ayam yang di-grill, kandungan proteinnya lebih kaya dan rasanya lebih enak. Saat proses grill, lemak dari ikan dan ayam juga biasanya luruh dan berkurang. Namun berikan bumbu secukupnya dan hindari penggunaan saus yang berlemak tinggi. Dengan begitu Anda tak akan merasa bersalah setelah menghabiskan seporsi ayam grill kesukaan Anda. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading