Sukses

Beauty

Obat Penyakit Lupus Imunosupresif dan Hal yang Harus Diperhatikan (2)

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas hal apa saja yang harus diperhatikan ketika penderita Lupus mengonsumsi obat imunosupresif yang mengandung Cyclophosphamide (Cytoxan®). Sekarang, kita akan membahas obat penyakit Lupus golongan imunosupresif lainnya, Ladies.

Dilansir dari laman lupus.org, methotrexate dan azathioprine adalah imunosupresif yang diberikan kepada penderita Lupus ketika corticosteroid tak bisa mengatasi gejala Lupus yang terjadi.

Methotrexate yang biasa digunakan adalah Rheumatrex™. Rheumatrex™, merupakan obat terampuh untuk mengatasi rheumatoid arthritis. Rheumatoid Arthritis adalah sakit sendi parah yang menyebabkan pembengkakkan, dan kerusakan pada sendi. Gejala ini terjadi pada penderita Lupus kronis, Ladies.

Selain itu, Rheumatrex™ dan Methotrexate lainnya ampuh mengatasi gejala pleuritis pada penderita Lupus. Pleuritis merupakan peradangan pada selaput pleura yang melindungi paru-paru.

Yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi Rheumatrex™ adalah konsumsi alkohol. Dari laman yang sama dituliskan bahwa konsumsi alkohol sangat tidak disarankan bagi penderita Lupus dengan pengobatan Methotrexate. Khususnya, bagi mereka yang memiliki rekam jejak medis penyakit ginjal.

Satu lagi nih, Ladies. Pemakaian Methotrexate tidak diikuti dengan pemakaian NSAIDs (Non-steroidal Anti-Inflammatory Drugs, atau obat-obatan anti-inflamasi non steroid). Jadi, pemakaian Aspirin, Acetaminophen, Ibuprofen, Indometachin, dan sejenisnya sebaiknya dihindari, atau dengan pengawasan dokter.

Imunosupresif yang ke tiga adalah Azathioprine.

Obat penyakit Lupus yang mengandung Azathioprine yang sering digunakan adalah Imuran®.

Imuran® efektif mengatasi peradangan pada penderita Lupus, dan dipakai untuk mengurangi dosis Prednisone (Steroid).

Jika Lupus sudah sampai merusak hati dan ginjal, Imuran® pun bisa memperbaikinya.

Efek samping yang perlu diperhatikan adalah Imuran® dapat menyebabkan peradangan pankreas dan hepatitis alergi.

Jadi, itulah hal yang Ladies patut ketahui tentang obat penyakit Lupus imunosupresif. Selain kegunaannya yang lebih efektif dari steroid, ternyata efek samping yang mungkin ditimbulkan juga semakin serius dan harus diperhatikan.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

Loading