Sukses

Beauty

7 Makanan Yang Dapat Melawan Flu

Cuaca yang tidak menentu sering membuat kekebalan tubuh Anda menurun dan terkena flu. Sedikit kehujanan saat pergi kerja atau banyak konsumsi minuman dingin juga dapat membuat Anda terserang penyakit yang mengganggu ini.

Jika terkena flu beberapa makanan dapat membantu Anda untuk melawan penyakit ini. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda lebih cepat pulih.

Beberapa jenis makanan ini dapat membantu Anda melenyapkan penyakit flu, seperti dilansir aarp.org.

(vem/cha)

Wortel

Sayuran berwarna jingga ini kaya akan beta-caroten yang dapat membantu tubuh melawan infeksi pernafasan. Vitamin A dan C di dalamnya juga dapat membantu kekebalan tubuh untuk mengusir penyakit.

Beberapa sayuran lain juga baik dikonsumsi saat flu. Sayuran hijau, labu kuning, ketela ungu juga baik untuk Anda.

Teh

Teh hijau, teh hitam, dan oolong teh mengandung zat alami yang mengurangi resiko terjangkit flu. Termasuk kandungan anti-oksidannya yang tinggi seperti quercetin dan L-thianine dapat membantu melawan penyakit.

Minum 1-2 cangkir teh hangat saat flu dapat membantu melenyapkan penyakit, dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Yogurt

Probiotik, bakteri baik pada yogurt dan makanan fermentasi lain memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, probiotik sangat baik untuk pencernaan Anda.

Yogurt dengan potongan buah sangat cocok dilakukan saat Anda terserang flu. Jika Anda tidak suka yogurt Anda dapat mengonsumsi keju atau kimchi.

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C yang sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 1 buah tomat ukuran sedang dapat memenuhi 40% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Konsumsi jus tomat saat makan siang dapat menjadi pilihan tepat untuk melawan flu. Anda juga bisa mengonsumsi aneka jenis jeruk jika Anda tidak dapat mengonsumsi tomat.

 

Jamur

Jamur mengandung Selenium yang dapat menghambat perkembangan flu berat. Jamur juga meningkatkan kinerja sel pembunuh yang merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Pilihlah menu makanan berbahan jamur saat Anda flu, selain lezat, jamur bergizi tinggi dan dapat membantu mengurangi gejala flu Anda.

Kacang Almond

Kacang yang lezat ini merupakan sumber dari vitamin E. Vitamin E merupakan anti-oksidan yang dapat menangkal infeksi virus.

Untuk hasil lebih optimal Anda bisa menambahkan minyak almond atau almond butter pada makanan Anda.

 

Sup Ayam

Makanan ini mungkin tidak dapat mencegah datangnya flu. Tetapi, semangkuk sup ayam panas membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan virus pada stage awal. Zat canosine pada kaldu ayam dapat menjadi pendukung bagi sistem kekebalan tubuh Anda.

Cobalah konsumsi semangkuk sup ayam panas saat Anda sakit. Penelitian tahun 2012 menyebutkan bahwa sup ayam berguna dalam melawan penyakit flu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading