Sukses

Parenting

Tips Bebas Dari Gangguan Perut Kembung

Tidak ada satu orang pun yang nyaman saat perutnya terasa kembung. Kembung disebabkan terlalu banyaknya zat fermentasi di saluran pencernaan. Beberapa pemicu kembung di antaranya stres, makanan, kurangnya enzim yang mengolah sisa metabolisme dalam tubuh, serta makan yang mengandung terlalu banyak serat.

Berikut ini seperti dilansir dari mindbodygreen.com beberapa tips ampuh yang dapat mencegah perut Anda terasa kembung.

1. Makan saat lapar

Makanlah pada saat Anda benar-benar lapar. Jangan sampai Anda makan padahal tidak lapar tetapi karena gangguan emosional. Anda dapat mengganti dengan minum minuman yang menyegarkan atau ngemil makanan yang tidak terlalu berat.

2. Berikan jeda untuk pencernaan

Tunggulah paling tidak 3 jam setelah Anda makan hingga kenyang jika Anda ingin makan kembali. Hal ini akan memberikan kesempatan pada saluran pencernaan Anda untuk mencerna makanan dengan baik.

3. Jangan bicara saat makan

Ketika Anda terpaksa makan bersama dengan teman-teman Anda lainnya, pastikan bahwa rasa makanan tetap menjadi fokus utama Anda. Hindari berbicara saat Anda makan, sebaiknya kunyah dengan baik dan jika sudah menelan makanan Anda baru mulai bicara.

4. Pilih makanan

Jika Anda sedang terburu-buru untuk pergi atau berangkat kerja di pagi hari, pilihlah makanan yang mudah dicerna. Anda bisa memilih makanan seperti soup atau makanan yang lunak dan mudah untuk dilumat.

5. Makan buah

Inilah kesalahan umum yang sudah biasa dilakukan masyarakat saat mengonsumsi buah bersamaan dengan waktu makan. Yaitu memakan buah setelah menghabiskan makanan utama. Hal ini hanya akan membuat gas dan asam lambung meningkat dan menyebabkan perut Anda kembung. Yang baik adalah memakan buah sebelum Anda makan menu utama.

6. Jangan minum

Jangan minum minuman dingin selama Anda makan. Jika Anda ingin makan buah, sebaiknya jangan langsung makan buah yang baru saja Anda keluarkan dari kulkas. Tunggulah beberapa saat hingga buah tidak terlalu dingin.

7. Hindari makanan yang terlalu asin

Cara mudah untuk menerapkan tips ini adalah memasak di rumah. Biasanya makanan di restoran cenderung memiliki rasa yang tajam dan kuat. Jika Anda memasak sendiri di rumah, Anda dapat menghindari resiko perut Anda kembung setelah makan.

Nah, semoga tips di atas bermanfaat ya Ladies.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading