Sukses

Beauty

Efek Samping Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Wanita

Siapa di antara Anda yang gemar minum kopi dan bisa menghabiskan setidaknya 2-3 cangkir kopi dalam sehari?

Penting untuk diketahui bahwa kandungan kafein yang terlalu banyak Anda konsumsi bisa sangat buruk bagi kesehatan Anda. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Bryce Wylde, direktur P3 Health dan rekan dari Dr. Oz, seperti dikutip dari Yahoo Shine berikut.

Menurut studi, konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat memberi efek samping yang berbahaya bagi kesehatan wanita.

Menyebabkan depresi

Dilaporkan bahwa kandungan kafein yang terlalu tinggi menyebabkan depresi dan menurunkan mood wanita. Peningkatan kafein ini mempengaruhi produksi dopamine , namun menciptakan sebuah ketergantungan yang sangat tinggi. Selama Anda belum minum kopi, dopamine akan menurun sehingga Anda merasa tertekan, sedih, serta depresi.

Gastritis

Gastritis adalah kondisi di mana ada peradangan di dalam perut. Penyebabnya beragam, namun kondisinya diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi hitam, green tea, soft drinks, cokelat atau makanan yang meningkatkan asam di dalam lambung.

Tidak subur

Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, yang menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita jadi susah hamil.

Dokter sendiri menyarankan apabila ingin hamil, sebaiknya wanita menghindari asupan kafein.

Osteoporosis

Sebagian besar manusia yang menderita osteoporosis adalah wanita, dan umumnya area yang terganggu adalah tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Peningkatan asupan kafein dapat menyebabkan kehilangan kalsium di dalam tubuh dan mempengaruhi massa tulang.

PMS

PMS begitu mengganggu dan menyebabkan mood naik turun tidak karuan? Hindari segala macam minuman yang mengandung kafein, khususnya kopi. Lebih baik perbanyak asupan air putih untuk membuat sistem metabolisme tubuh tetap berjalan baik.

Kafein sendiri juga menyebabkan dehidrasi sehingga Anda akan merasa resah, mudah terpancing emosi dan tidak nyaman menjelang datangnya menstruasi.

Dosis asupan kafein yang dianjurkan adalah 200-300 mg per hari, yang setidaknya cukup dipenuhi dengan secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya. Apabila Anda ingin tetap sehat, hindari asupan terlalu banyak kafein ya.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading