Sukses

Beauty

6 Buah Sehat Asal Indonesia Ini Adalah Buah Teraneh di Dunia

Aneka buah tropis yang dihasilkan di Indonesia ini punya nama beken di dunia internasional. Dikenal sebagai buah teraneh dunia, rasa buah-buahan asal Indonesia ternyata juga dikagumi lho.

Berterima kasihlah pada ibu pertiwi karena telah membiarkan lahannya menghasilkan aneka tumbuhan dengan bunga dan buah-buahan yang bervariasi. Inilah 6 buah sehat dan lezat yang termasuk dalam daftar buah teraneh dan terunik di dunia.

(vem/bee)

Buah rambutan

Buah manis leci-lecian ini punya warna menarik dan bentuk yang unik. Seluruh tubuh kulitnya dikelilingi rambut yang membungkus daging buah berwarna putih nyaris bening.

Ada yang warnanya merah, hijau (saat belum masak), ada yang kuning dan ada pula yang berwarna-warni. Cara memakannya adalah dengan mengeluarkan daging buah dari kulitnya, dicuci bersih terlebih dahulu kemudian baru dinikmati rasa manisnya.

Seringkali buah rambutan juga dijadikan buah kaleng sebagai bahan es buah cocktail.

Buah durian

Aromanya sangat menonjol dan memiliki duri-duri di sekeliling kulit buahnya. Ukurannya beragam, ada yang kecil adapula yang besar. Daging buahnya ada yang tipis ada pula yang tebal, dengan warna daging buah putih hingga kuning.

Durian tak hanya dikonsumsi sebagai buah saja, tetapi juga mulai dikembangkan sebagai kue, es krim, cake, permen, dodol, dan lain sebagainya.

Buah Manggis

Buah tropis ini sangat mirip dengan bola tenis. Warnanya merah keunguan dengan isi daging buah putih. Keunikan buah ini ada di bagian pantat kulit buah, yang kabarnya menunjukkan berapa banyak isi daging buah.

Buah manggis ini kabarnya merupakan buah favorit Ratu Victoria. Rasanya kombinasi asam dan manis.

Buah naga

Sebenarnya, buah naga pertama kali dikenalkan di negri tirai bambu, namun kemudian saat ditanam di Indonesia, buah ini juga cukup banyak hasilnya. Tampaknya iklim tropis memang cocok untuk pertumbuhan dan pengembangan buah ini.

Ada dua jenis buah naga, dengan daging berwarna putih atau merah. Rasanya segar, dengan dikelilingi biji-bijian yang menempel di daging buah dan bisa dimakan dengan aman.

Kulitnya mirip dengan sisik naga, inilah sebabnya ia disebut sebagai buah naga.

Buah salak

Yang satu ini tentunya Anda sudah kenal baik kan? Salak yang terkenal ada beragam jenis, salah satunya adalah salah pondoh dari Yogyakarta dan salak Bali serta salak Banyuwangi. Masing-masing punya ciri khas dan keunggulan dalam ukuran dan rasa.

Cara mengonsumsinya mudah, dikupas kulitnya dan sudah siap dimakan. Biasanya, buah salak ini juga dijadikan manisan, dicampur dengan garam, gula dan irisan cabe atau direndam dengan air kapur sirih.

Buah Genitu

Buah ini disebut dengan nama asing Star Apple. Mirip dengan buah yang dihasilkan oleh Jamaika namun warna kulitnya hijau. Punya daging buah yang unik dan dilindungi oleh kulit yang sangat lunak. Rasanya sangat manis dan terkadang saat dikonsumsi, getahnya ikut menempel di mulut.

Disarankan saat mengonsumsi buah ini sebaiknya menggunakan sendok saja agar getah tidak ikut menempel dan menyebabkan reaksi gatal atau alergi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading