Sukses

Beauty

7 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Alergi

Pada dasarnya, semua makanan yang punya banyak nutrisi juga bisa menimbulkan masalah. Yang pertama kalau mengonsumsinya kebanyakan, atau menimbulkan reaksi alergi.

Soal makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi, lebih baik jangan disepelekan. Alergi ini adalah sebuah tanda bahwa tubuh tidak dapat menerima makanan tersebut.

Penyebab alergi terhadap makanan sendiri cukup beragam, ada yang merupakan tanda atau gejala ringan, ada pula yang menunjukkan gejala tidak cocok yang parah. Mengonsumsi makanan padahal tubuh menunjukkan reaksi alergi dapat memicu problem kesehatan yang lebih parah, di antaranya adalah kematian.

Cermati beberapa makanan yang bisa menyebabkan reaksi alergi berikut ini.

Susu

Apabila Anda dideteksi alergi laktosa, maka sebaiknya menghindari susu dan aneka produk yang terbuat dari susu, misalnya, mentega, keju, cream cheese, ice cream, yogurt, pudding, sour cream, dan lain sebagainya. Alergi terhadap laktosa ini belum diketahui penyebab utamanya, namun biasanya susu yang boleh dikonsumsi adalah yang terbuat dari kedelai.

Kacang

Aneka menu kacang dapat menyebabkan reaksi alergi. Reaksinya bisa berbeda setiap orang, ada yang saat tak tahan akan mengalami rasa sakit yang hebat pada perut dan buang air berlebihan.

Penyebabnya macam-macam, dan umumnya disebabkan oleh kandungan zat di dalam kacang itu sendiri.

Ikan

Beberapa ikan laut dapat menyebabkan reaksi alergi. Kabarnya hal ini disebabkan oleh gen, dan biasanya muncul ketika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Telur

Tidak sedikit orang yang ternyata alergi dan sensitif terhadap telur. Alergi biasanya ditunjukkan lewat kulit yang kemerahan disertai gatal-gatal, atau sesak napas dan batuk.

Apabila Anda alergi terhadap telur, maka sebaiknya menghindari makanan yang berbahan dasar telur seperti mayonnaise, meringues, pasta, es krim, dan lain sebagainya.

Kerang-kerangan

Sama halnya seperti ikan laut, tidak sedikit orang yang alergi pada kerang-kerangan. Apabila reaksi alergi muncul, biasanya diatasi dengan minum air kelapa muda.

Alergi kedelai

Bila ada yang alergi laktosa susu, ada pula yang ternyata alergi pada kedelai. Untuk itu, Anda yang memiliki alergi kedelai dianjurkan menghindari aneka makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, kecap, dan lain sebagainya.

Gandum

Agak unik memang, tetapi ada orang yang alergi pada aneka makanan yang berbahan dasar gandum, seperti misalnya minuman sereal, roti gandum, crackers, dan lain sebagainya.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading