/kesehatan/45229-terbentuknya-plasenta.html

Terbentuknya Plasenta

Jum'at, 20 Desember 2013 01:10

Trimester I: Perkembangan Janin Pada Minggu ke 2

(c) shutterstock

Diskon RP 350,000 hanya di Pergi.com Vemale.com - Moms, tahu gak kapan terbentuknya plasenta?

Plasenta, atau yang sering juga dsebut sebagai ari-ari, terbentuk kira-kira saat minggu ke dua di masa kehamilan. Seperti yang dituliskan di clevelandclinic.org, Moms. Plasenta terbentuk setelah proses implantasi.

Proses implantasi adalah masuknya blastula ke dalam endometrium. Setelah blastula berada di dalam endometrium, plasenta terbentuk dari mukosa rahim.

Pada wanita yang tidak sedang mengandung, mukosa rahim terbagi menjadi dua (stratum kompakta dan stratum spongiosa), sedangkan pada wanita hamil mukosa rahim terbagi menjadi 3 (desidua basalis, kapsularis, dan vera).

Plasenta dibentuk pada desidua basalis, yaitu mukosa rahim yang terletak di antara hasil konsepsi (blastula) dan dinding rahim. Di luar desidua basalis adalah desidua kapsularis dan desidua vera, yang secara berurutan semakin berdekatan dengan dinding rahim (endometrium).

Plasenta itu berfungsi sebagai masuknya nutrisi yang dibutuhkan oleh bakal janin. Pertukaran oksigen dan zat ekskresi pun juga menggunakan plasenta.

Jadi, di minggu ke dua ini adalah masa kritis yang menentukan hidupnya bakal janin atau tidak. Jika plasenta tidak terbentuk, maka blastula pun gagal menjadi embrio.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)


Rekomendasi Pilihan

Ini Artinya Kalau Kamu Punya Huruf M di Telapak Tangan - Skrin.ID

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Sagitarius

Dengarkan isi hati.