Sukses

Parenting

Terbentuknya Plasenta

Moms, tahu gak kapan terbentuknya plasenta?

Plasenta, atau yang sering juga dsebut sebagai ari-ari, terbentuk kira-kira saat minggu ke dua di masa kehamilan. Seperti yang dituliskan di clevelandclinic.org, Moms. Plasenta terbentuk setelah proses implantasi.

Proses implantasi adalah masuknya blastula ke dalam endometrium. Setelah blastula berada di dalam endometrium, plasenta terbentuk dari mukosa rahim.

Pada wanita yang tidak sedang mengandung, mukosa rahim terbagi menjadi dua (stratum kompakta dan stratum spongiosa), sedangkan pada wanita hamil mukosa rahim terbagi menjadi 3 (desidua basalis, kapsularis, dan vera).

Plasenta dibentuk pada desidua basalis, yaitu mukosa rahim yang terletak di antara hasil konsepsi (blastula) dan dinding rahim. Di luar desidua basalis adalah desidua kapsularis dan desidua vera, yang secara berurutan semakin berdekatan dengan dinding rahim (endometrium).

Plasenta itu berfungsi sebagai masuknya nutrisi yang dibutuhkan oleh bakal janin. Pertukaran oksigen dan zat ekskresi pun juga menggunakan plasenta.

Jadi, di minggu ke dua ini adalah masa kritis yang menentukan hidupnya bakal janin atau tidak. Jika plasenta tidak terbentuk, maka blastula pun gagal menjadi embrio.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading