Sukses

Parenting

Fakta-Fakta Mengenai Efek Samping Pil KB

Apakah benar pil KB bisa bikin gemuk? Apa iya pil KB bisa bikin kulit bebas jerawat? Kita sebagai wanita nampaknya membutuhkan kepastian dari mitos-mitos ini ya, Ladies. Karena itulah Vemale kemudian mencoba mencarikan jawaban dengan bertanya langsung kepada seorang ahli medis yaitu dr. Reino Rambey, Sp. OG. Berikut jawaban beliau, Ladies.

Apakah benar pil KB bisa membuat kulit jadi bebas jerawat?

Pil KB ada berbagai jenis. Kandungannya juga berbagai macam hormon. Hanya pil KB yang mengandung Ciproterone asetat yang mempunyai efek anti androgenik yang mampu mencegah timbulnya jerawat. 

Apakah benar pil KB bisa membuat berat badan bertambah?

Pil KB yang mengandung hormon progesteron yang meningkatkan nafsu makan. Selain itu, pil KB juga mempunyai kemampuan untuk mengubah kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh untuk dikonversi menjadi lemak dibawah kulit.

Sehingga tanpa disadari pengguna pil KB yang mengandung hormon progesteron  makan lebih banyak dari yang dibutuhkan badan. Untuk menghindari kegemukan pada pengguna pil KB, dianjurkan untuk mengatur pola makan dan olahraga yang teratur.

Apa efek samping mengonsumsi pil KB dalam jangka waktu yang lama?

Masing-masing pil KB mempunyai efek samping yang berbeda-beda. Tergantung dari kandungannya. Efek samping yang muncul akan segera terjadi bila ada reaksi yang tidak cocok dengan tubuh penderita. Karena dosis yang dikandung dalam jumlah kecil, sehingga aman untuk mengonsumsi dalam jangka waktu lama bahkan hingga puluhan tahun.

Nah, itulah tadi jawaban-jawaban yang diberikan oleh dr. Reino Rambey, Sp. OG dari meetdoctor.com. Ternyata efek yang diberikan pil KB pada tubuh tergantung pada kandungan pil KB itu sendiri ya, Ladies. Beliau menambahkan bahwa Anda dapat menghubungi dokter kandungan di tempat praktek jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai kandungan dan efek pil KB ini. Semoga membantu.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading