Sukses

Beauty

Keputihan Menjelang Menstruasi Apakah Berbahaya?

Menjelang kedatangan si tamu bulanan, banyak sekali yang terjadi pada diri Anda ya, Ladies, baik pada fisik maupun emosi. Selain terkena PMS yang membuat orang-orang di sekitar jadi serba salah, hal lain yang juga kerap membuat kurang nyaman adalah keputihan yang lebih banyak dari biasanya.

Keputihan yang satu ini seringnya membuat gelisah. Pertama karena PHP apakah si tamu sudah benar-benar datang, serta jumlahnya yang cukup banyak dari biasanya sehingga membuat was-was. Lalu sebenarnya, keputihan jenis ini aman gak sih? Daripada penasaran dan cemas sendiri, yuk simak sesi Q&A bersama dr. Hervi Wiranti, SpOG dari @meetdoctorcom yang akan memberikan konsultasi terkait keputihan menjelang menstruasi.

@YTmrs: Amankah keputihan saat hamil trimester satu, warnanya bening, tidak bau dan tidak berlendir? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan pada kehamilan sering kali terjadi dikarenakan peningkatan hormon kehamilan yang menyebabkan vagina lebih lembab. Bila keputihannya tidak berbau dan gatal, masih normal saja. Bila sampai terasa mengganggu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan.

@anisaapurple: Ciri-ciri keputihan yang wajar itu seperti apa sih? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan yang wajar atau kita sebut fisiologis adalah bila tidak berbau, tidak gatal dan berwarna bening.

@IndiraBakti: Keputihan bening dan tidak bau, apakah normal? Lalu bagaimana cara mengatasinya? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan bening dan tidak bau wajar saja, apalagi bila menjelang ovulasi. Cara mengatasi agar tidak terjadi keputihan adalah menghindari lembab dan menjaga suasana vagina tetap pada PH normalnya dan mengganti celana dalam bila sudah lembab serta tidak memakai pantyliner.

@Dark_angelirma: Saya keputihan sejak kecil, kata dokter itu jamur.Tapi mengalaminya sampai sekarang, bagaimana dengan hal tersebut? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan karena jamur memang sering berulang, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

@fristoRL: Makanan yang bisa menghilangkan atau mengurangi keputihan apa ya, Dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Makanan yang bisa mengurangi keputihan adalah makanan yang sehat dan tanpa pengawet. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan segar serta gizi yang berimbang.

@AstriHartinah: Bahaya tidak ya jika keputihan datang tidak setelah menstruasi? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan apabila dibiarkan dan tidak dilakukan pengobatan yang tepat tentu saja berbahaya karena keputihan itu adalah infeksi pada daerah kemaluan.

@bnoorraini: Kalau keluar cairan berwarna putih susu, apa juga disebut keputihan? #AskVemale

Jawaban dokter: Cairan warna putih susu bisa saja adalah keputihan yang disebabkan bakteri atau jamur. Untuk lebih jelasnya sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter.

@lina_lint: Setelah kuret, keputihan warna keruh dan bau. Sudah diberi obat tapi ga berubah #AskVemale

Jawaban dokter: Sebaiknya konsultasi kan masalah keputihan yang Anda alami ke dokter kandungan agar didapatkan pengobatan yang tepat.

@rie1987: Bagaimana cara membedakan keputihan yang berbahaya dan tidak? Lalu cara mencegahnya? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan menjadi sangat mengganggu apabila sudah berbau, terasa gatal n juga terasa panas di vagina. Seringkali juga disertai nyeri perut bagian bawah dan juga sakit saat buang air kecil. Cara pencegahannya dengan menghindari kondisi lembab pada bagian vagina, dengan sering mengganti pakaian dalam apabila sudah lembab, tidak memakai pantyliner dan juga melakukan perawatan pembersihan vagina di dokter obgyn setiap 1 bulan.

@cr1st4nt1: Menjelang haid, muncul keputihan yang berbau asam juga jerawat dan perih di bagian dalam.Penyebabnya apa ya? ?#AskVemale

Jawaban dokter: Pada saat menstruasi terjadi perubahan hormonal yang membuat tumbuh jerawat, rasa tidak enak di perut dan juga lendir yang agak berlebih dari vagina, tapi seharusnya lendir yang keluar dari vagina tidak berbau dan tidak gatal. Bila sudah berbau dan gatal, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

@rini91_mg: Keputihan berlendir kuning dan bau disertai sakit di daerah pinggang, tandanya apa ya? #AskVemale

Jawaban dokter: Bila keputihan sudah banyak, berbau dan juga disertai nyeri di daerah perut atau pinggang, kemungkinan Anda mengalami infeksi pada organ panggul atau kita kenal dengan PID dalam bahasa kedokteran. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

@DianFitri80: Saya keputihan hampir setiap hari, warna agak kekuningan dan agak gatal. Bagaimana mengatasinya? #AskVemale

Jawaban dokter: Keputihan setiap hari dan gatal, berarti Anda harus segera melakukan pengobatan, dengan minum obat yang tepat dan pembersihan vagina di dokter kandungan.

Bagaimana, Ladies, apakah sudah terjawab rasa penasaran dan was-was Anda? Pada intinya, hal yang disarankan untuk menghindari keputihan adalah menjaga daerah V agar tidak lembab. Namun, jika ternyata Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri yang sedikit tidak normal seperti berbau dan menimbulkan gatal, sebaiknya cepat-cepat periksa ke dokter ya, Ladies.

Ikuti terus tanya-jawab dengan dokter-dokter handal dari @meetdoctorcom seputar kesehatan wanita yang dibuka setiap hari Rabu dengan cara follow @Vemaledotcom dan mengikutsertakan diri Anda dalam #AskVemale. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading