Sukses

Beauty

Waspada, Inilah Gejala Penyakit HIV/AIDS

HIV atau Human Immuno Deficiency Virus adalah penyakit yang dapat menular dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ketika menginfeksi tubuh, ia dapat menjadi penyakit yang mematikan. Tak sedikit orang yang terjangkit infeksi ini dan kemudian meninggal karena komplikasi.

Munculnya infeksi HIV ini bisa diketahui dari beberapa gejala yang umum muncul. Pusat pelayanan kesehatan pemerintah akan membantu mendeteksi dan mengetahui apakan gejala-gejala tersebut benar merupakan infeksi HIV/AIDS.

Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu tanda-tanda awal agar Anda bisa mencegah penularan infeksi pada orang lain.

HIV menyerang bertahap, dan tidak langsung membuat kondisi tubuh jadi parah di awal-awal tahun pertama. Ia cenderung membuat kondisi parah ketika sudah menjangkiti selama bertahun-tahun. Bahkan sebenarnya orang tidak sadar bahwa virus HIV menjangkiti dirinya, karena merasa diri sehat dan bugar. Virus ini hanya bisa diketahui ketika tubuh mendapatkan test lab.

Tanda-tanda awal infeksi HIV/AIDS:

Kehilangan berat badan secara drastis

Jika ada perubahan berat badan yang mendadak, maka lebih baik Anda waspada. Biasanya ada penurunan berat badan yang sangat drastis dan cepat, yang merupakan tanda penyakit sedang berlanjut menggerogoti tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh.

Batuk terus menerus

Batuk kering yang terus menerus, bisa jadi merupakan salah satu tanda penyakit HIV/AIDS. Sebenarnya batuk seperti ini juga bisa disebabkan oleh alergi, namun batuk alergi lebih cepat sembuh. Sedangkan batuk karena HIV/AIDS menyerang dalam waktu yang lama dan semakin lama makin parah.

Terlihat dari kuku

Kuku dapat menunjukkan apakah Anda sedang sehat atau tidak. Ketika kuku Anda mudah patah dan berubah warna, ini menjadi salah satu indikasi bahwa Anda butuh diperiksa lebih lanjut. Indikasinya menunjukkan metabolisme Anda yang kurang baik.

Cemas menyerang

Anda akan mulai merasakan kecemasan yang tidak jelas. Kecemasan ini merupakan tanda lanjutan bahwa infeksi dari virus HIV/AIDS ini menyerang.

Nyeri dadakan

Apakah Anda sering merasakan nyeri dadakan pada tubuh atau otot? Hal ini juga salah satu tanda awal bahwa virus HIV/AIDS sedang menginfeksi tubuh Anda.

Sering sakit kepala

Sakit kepala hadir nyaris setiap hari tanpa diundang dan tanpa sebab yang jelas. Sebenarnya gejala yang satu ini bisa beragam penyebabnya, tetapi sebaiknya Anda tetap waspada dan segera memeriksakan diri saja, apakah Anda terinfeksi virus HIV/AIDS.

Perubahan warna pada kulit

Gejala lain adalah ketika kulit berubah warna dan terasa gatal-gatal di beberapa bagian. Semakin parah karena Anda akan merasakannya sekujur tubuh dan terasa panas.

Untuk mencegah penularan HIV/AIDS, sebaiknya lakukan pemeriksaan intens apabila ada gejala-gejala di atas yang mengganggu Anda.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading