Sukses

Beauty

Dosa Yang Sering Dilakukan Saat Diet

Menurut sebagian orang, kurus atau langsing adalah bentuk tubuh yang paling ideal. Baik pria maupun wanita banyak orang berlomba-lomba diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing. Namun, biasanya mereka yang melakukan diet tersebut tidak mengikuti aturan diet yang benar. Sehingga tidak jarang diet mereka tidak berhasil.

Berbagai kesalahan diet yang kerap dilakukan membuat diet yang dilakukan selalu gagal. Tidak jarang kesalahan diet tersebut bisa membahayakan Anda sendiri. Beberapa kesalahan yang biasa dilakukan saat diet, antara lain:

  • Melewatkan sarapan. Sarapan adalah asupan yang penting dalam sehari. Dengan membiarkan diri Anda kelaparan, porsi makan siang akan menjadi bertambah karena rasa lapar yang luar biasa telah melewatkan sarapan.
  • Melewatkan makan malam. Harusnya makan malam bukan untuk dihindari tetapi dikurangi atau asupan makanannya yang diganti. Misalnya Anda bisa mengonsumsi buah atau jus.
  • Mengurangi asupan kalori. Kalori memang dianjurkan untuk dikurangi, namun pengurangannya tetap dalam batas wajar. Tapi, tubuh tetap membutuhkan kalori untuk pembentukan otot dan pergerakan saat beraktivitas.

  • Anti karbohidrat. Langkah untuk menghindari karbohidrat dalam berdiet bukanlah hal yang baik, karena jika tidak ada asupan karbohidrat sama sekali tubuh akan lemas dan kehilangan asupan dengan sumber energi.
  • Menggunakan obat-obatan pelangsing. Cara cepat menurunkan berat badan dengan cara ini sangat berbahaya, walaupun menggiurkan. Namun, pertimbangkan akan efek samping yang ditimbulkan. Selain itu, obat-obatan tersebut juga belum diuji keamanannya.
  • Konsumsi obat pencahar. Banyak orang berpikir mengonsumsi obat pencahar adalah solusi tepat untuk mencegah penyerapan makanan berlemak. Ternyata, obat pencahar hanya akan menimbulkan gangguan elektrolit.
  • Memuntahkan makanan. Jika tujuan Anda ingin mengeluarkan kembali makanan yang telah dimakan malah akan berdampak buruk bagi kerongkongan. Selain itu, asam lambung yang ikut terbawa dari lambung akan ikut terbawa yang dapat menimbulkan peradangan bahkan pembengkakan. Hal ini juga dapat menimbulkan anoreksia.
  • Olahraga keras. Olahraga memang dibutuhkan dalam berdiet. Tetapi bukan olahraga terlalu keras yang dibutuhkan, namun olahraga yang rutin dan konsisten yang dibutuhkan tubuh.
  • Merokok. Ada anggapan keliru yang mengatakan bahwa kebiasaan merokok dapat membuat tubuh cepat langsing. Nikotin memang dapat menekan nafsu makan, namun di balik itu bahaya nikotin lebih banyak ketimbang manfaatnya sebagai penekan nafsu makan.
  • Detoksinasi berlebihan. Detoksinasi memang dianjurkan untuk menjaga fungsi usus dan membersihkan tubuh dari racun-racun sebab kolesterol berlebih. Namun, pastikan tidak dehidrasi saat tengah melakukan proses detoksinasi. Lebih baik Anda memperhatikan pola makan dengan memperbanyak serat dan minum air putih.

Jika Anda memang ingin melakukan diet secara benar dan sehat, ada baiknya hindari beberapa kesalahan di atas. Pilihlah cara diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jangan terlalu keras memaksa tubuh Anda untuk cepat kurus. Bukankah memiliki tubuh yang sehat lebih berarti ketimbang hanya nampak indah di luar saja?

Ditulis oleh: dr. Adhiatma

Sumber: www.meetdoctor.com

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading