Sukses

Beauty

Deteksi Kesehatan Bisa Diukur Dari Lingkar Pinggang

Tanda utama dari terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan adalah lingkar pinggang yang membesar. Cobalah lakukan pengukuran pada lingkar pinggang Anda dengan meletakkan pita ukur di atas tulang pinggul Anda. Pada wanita, lingkar pinggang yang sehat berada pada angka yang tidak lebih dari 80 cm. Pada laki-laki, lingkar pinggang yang sehat berada pada angka yang tidak lebih dari 90 cm.

Lingkar pinggang yang melebihi angka-angka tersebut terjadi karena adanya penumpukan lemak di sekitar pinggang. Penumpukan lemak ini mengindikasikan adanya gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan berlemak secara berlebihan dan rutinitas olahraga yang jarang dilakukan. Penyebab lain adanya penumpukan lemak adalah adanya gangguan pada kerja metabolisme tubuh sehingga lemak bersisa dan menumpuk di sekitar pinggang.

Adanya timbunan lemak yang banyak pada bagian pinggang dapat memunculkan penyakit seperti asam urat, kolesterol, tinggi, diabetes tipe 2, hingga hipertensi. Berbagai penyakit serius ini kemudian dapat menumpuk di sepanjang pembuluh darah dan mengakibatkan kondisi jantung koroner.

Solusi dari lingkar pinggang yang besar adalah dengan mengurangi berat badan hingga ke angka ideal dan menghilangkan timbunan lemak di pinggang dengan cara olahraga teratur. Cukup sisihkan setengah jam setiap harinya untuk hasil maksimal. Selain itu kurangi makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi, mie, dan pasta. Imbangi dengan istirahat yang cukup di malam hari (tidak begadang) dan minum banyak air putih.

Ditulis oleh: dr. Witri Rahmania
Sumber: www.meetdoctor.comĀ 

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading